Pinjol untuk Biaya Kuliah? Segini Bunganya!

Pinjol untuk Biaya Kuliah? Segini Bunganya!

PINJOL - Untuk Biaya Kuliah Aman dan Bunga Rendah!--

DISWAY JATENG - Pinjol untuk Biaya Kuliah? Segini Bunganya! Beberapa waktu lalu muncul berita penggunaan pinjol untuk pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menuai banyak polemik.

Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membenarkan kerja sama antara pinjol Danacita dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Aplikasi pinjol untuk biaya kuliah ini sudah berlangsung lama dan bekerja sama dengan berbagai universitas lainnya.

Pinjol untuk Biaya Kuliah ini mendadak viral dari unggahan di X (Twitter) yang menjelaskan bahwa adanya pinjol yang digunakan untuk biaya kuliah. Yang dapat dilunasi dengan jangka waktu 6 hingga 12 bulan.

Tentunya dengan adanya unggahan ini membuat banyak masyarakat penasaran dengan Pinjol untuk Biaya Kuliah ini. Berikut akan diulas mengenai Danacita yang bekerja sama dengan beberapa universitas untuk pembayaran biaya pendidikannya.

BACA JUGA : Gak Pake Ribet! Ini 4 Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Paling Banyak Dicari

Terdapat persyaratan yang dibutuhkan jika ingin mengajukan dana untuk biaya kuliah ini. Mulai dari foto KTP dan swafoto dengan menggengam KTP baik bagi wali maupun mahasiswa itu sendiri.

Ditambah dengan buku tagihan pembayaran biaya pendidikan dari instansi pendidikan tempat besekolah maupun berkuliah. Dan juga rekening koran satu bulan terakhir yang dimiliki wali dari mahasiswa agar pinjaman disetujui.

Bukan hanya dokumen fisik, Pinjol untuk Biaya Kuliah ini juga mengaruskan pengisian kontak para wali. Ini hanya berlaku pada mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap dan usianya belum 21 tahun.

Selain itu juga terdapat kontak darurat yang berupa keluarga yang tidak serumah dengan peminjam. Dengan syarat kontak darurat sudah berumur lebih dari 21 tahun dan berbeda dengan wali peminjam.

BACA JUGA : 15 Pinjol Legal yang Ada DC Lapangan terbaru 2024, Praktik Penagihan Aman Sesuai Aturan OJK

Pinjol untuk Biaya Kuliah ini hanya memerlukan waktu 1 hingga 2 hari saja agar pengajuan dana disetujui sejak dokumen lengkap dan disetujui. Uniknya lagi pada Danacita tidak memerlukan uang muka saat pengajuan pinjaman dana pendidikan ini.

Aplikasi pinjaman Danacita memiliki jangka waktu pembayaran yang beragam, mulai dari 24 bulan untuk mahasiswa baru dan 12 bulan untuk mahasiswa aktif. Namun, pinjaman ini hanya dapat berlaku pada universitas yang bekerja sama saja.

Pinjol untuk Biaya Kuliah ini memastikan bahwa seluruh dana akan langsung disalurkan pada rekening kampus. Bukan dikirimkan melalui wali maupun mahasiswa yang melakukan pinjaman.

Hal ini dimaksudkan agar dana pendidikan yang dipinjam langsung bisa melunasi biaya kuliah dan tidak digunakan untuk hal lain. Sudah banyak perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Danacita.

Dana Talangan merupakan sebutan untuk pinjaman ini bagi universitas yang sudah bekerja sama. Keunggulannya berupa tidak ada bunga jika melakukan pembayaran jika sebelum jatuh tempo.

Aplikasi ini memiliki tujuan untuk menjadi platform dana pinjaman pendidikan yang transparan. Terutama pada biaya platform serta biaya persetujuan yang disampaikan pada wali maupun mahasiswa yang bersangkutan.

BACA JUGA : 6 Daftar Pinjol Legal Bunga Rendah yang Terdaftar di OJK, Proses Cepat dengan Plafon Hingga Rp50 Juta

Biaya platform dikenakan 1,6% hingga 1,75% per bulan yang bergantung pada jangka waktu pembayaran pinjaman. Kemudian biaya persetujuan yang sebesar 3% dari nominal dana yang disetujui.

Manfaat ekonomi dari pinjaman dana pendidikan ini adalah memfasilitasi pendanaan termasuk bunga dan biaya administrasi platform. Biaya ini hanya sebesar 0,1% saja dan ini sudah tercantum dalam persyaratan dalam mengajukan pinjaman.

Pinjol untuk Biaya Kuliah ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa maupun orang tua. Agar dapat melanjutkan pendidikan tanpa terkendala ekonomi walaupun dengan pinjaman ini tetap memiliki bunga namun rendah.

Yang membuatnya menjadi pilihan aplikasi pinjaman pendidikan bagi universitas yang bekerja sama. Akan membuat keuntungan bagi universitas maupun orang tua maupun wali dari mahasiswa yang bersangkutan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: