Ketahui Cara Agar Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Begini Tips Menghadapinya yang Harus Dicoba

Ketahui Cara Agar Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Begini Tips Menghadapinya yang Harus Dicoba

cara agar dc pinjol tidak datang ke rumah--foto caracek

DISWAY JATENG - Saat kalian memiliki utang pinjaman online alias pinjol, maka kalian mungkin khawatir akan datangnya penagih utang atau Debt Collector (DC) yang datang ke rumah.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut menimpa kalian. Lantas, bagaimana cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah? Untuk menghindari situasi yang tidak nyaman ini, berikut adalah beberapa tips penting yang dapat kalian pertimbangkan.

Cara menghadapi debt collector (DC) pinjol yang datang ke rumah

  1. Ceritakan Rencana Pelunasan Kalau ada utang, berbicaralah terus terang tentang kondisi keuanganmu dan bagaimana rencanamu untuk melunasi utang tersebut.
  2. Ajak DC Lapangan untuk berdiskusi jangan takut untuk bertanya banyak info tentang utangmu kepada DC lapangan. Ini bisa membantu kalian menemukan solusi untuk melunasi tagihan dengan baik.
  3. Kendalikan emosi dan tanyakan ddentitas DC saat menyambut Debt Collector datang ke rumah, usahakan untuk tetap tenang. Kemudian, tanyakan identitas mereka dengan jelas.
  4. Minta Dokumen Resmi Penagihan dari DC Lapangan Pastikan selalu minta dokumen resmi penagihan dari DC lapangan. Ini tidak cuma sebagai langkah keamanan, tapi juga untuk memastikan semuanya berjalan sesuai aturan OJK.

Dengan paham dan melaksanakan langkah-langkah ini, diharapkan kalian bisa menghadapi Debt Collector dengan bijak. Selain itu, ini juga dapat menjaga skor kreditmu di SLIK OJK.

BACA JUGA: 5 Cara Agar DC Pinjol tidak Datang ke Rumah, dan Ketahui Cara Menghadapinya

Kapan penagih utang pinjol akan menagih ke rumah?

Pasti akan timbul perasaan khawatir apabila ingin mengambil pinjaman. Tenang saja, karena biasanya pinjol tidak langsung datang ke rumah. Nasabah akan diberikan waktu selama 2-3 bulan untuk melunasi terlebih dahulu.

Dalam rentang waktu tersebut, nasabah akan diingatkan secara online melalui telepon, SMS, email, maupun Whatsapp.

Apabila dalam waktu tersebut, nasabah tidak kunjung membayar cicilan maka pihak pinjol akan mengirim Debt Collector untuk menarik langsung di rumah.

Cara agar DC pinjol tak ke rumah nasabah

Semua daftar pinjol apa saja tidak langsung datang ke rumah, kalian bisa menghindarinya. Salah satu cara supaya DC pinjol tidak datang ke rumah adalah membayar cicilan per bulan, dan juga bisa melunasi pinjaman sekaligus.

BACA JUGA: 4 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal, Lakukan Cara Cerdas ini Supaya DC Lapangan Kapok Menagih

Biasanya pihak pinjol akan mengingatkan secara online dengan 3 kali teguran. Dengan mengetahui daftar pinjol yang datang ke rumah, kalian juga bisa menyesuaikan pinjaman dengan kondisi finansial.

Selain itu, kalian bisa melakukan penjadwalan untuk pembayaran cicilan.

  • Pastikan Mengajukan Pinjaman dengan Jumlah yang Wajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: