5 Cara Memblokir KTP yang Disalahgunakan Pinjol, Sampaikan Secepatnya Pengaduan ke Lembaga Terkait

5 Cara Memblokir KTP yang Disalahgunakan Pinjol, Sampaikan Secepatnya Pengaduan ke Lembaga Terkait

Cara memblokir KTP disalahgunakan pinjol--

Anda dapat melampirkan identitas diri, kronologis pengaduan, dan dokumen pendukung. Dengan ini, kemungkinan pengaduan yang disampaikan cepat diproses.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Pinjol Legal Tanpa KTP Limit Tinggi Cepat Cair, Syarat Mudah dan Langsung Cair

BACA JUGA: 5 Resiko Pinjaman Online Tanpa KTP, Gak Cuma Beban Bunga dan Biaya yang Tinggi

4. Percepat Penanganan dan Penyelidikan Lebih Lanjut

Setelah Anda melampirkan beberapa dokumen yang diminta OJK, proses penanganan pengaduan akan langsung di tindak lanjuti. Perlu diingat, pastikan pengaduan yang disampaikan valid dan tidak bohong, ya.

5. Tunggu Proses Penanganan dari OJK

OJK sudah menetapkan batas waktu penanganan kisaran 20 hari kerja untuk memenuhi data yang diminta. Jika pengadu tidak memenuhi batas waktu tersebut, maka dipastikan pengaduan gagal dan tidak akan diproses.

Meskipun pinjaman online ilegal tidak sepenuhnya berada dalam pengawasan OJK, OJK tetap mengharuskan konsumen untuk melaporkan masalahnya ke lembaga keuangan terkait sebelum mengajukan pengaduan ke OJK.

Langkah-langkah diatas dapat dimanfaatkan untk melindungi diri dari penyalahgunaan data pribadi. Selain melakukan pengaduan ke OJK, Anda juga bisa melaporkan ke Lembaha Bantuan Hukum (LBH) atau Polisi.

BACA JUGA: 5 DC Lapangan Pinjol Ilegal yang Bisa Datang Kerumah, Hati-Hati Bisa Memberikan Resiko Buruk!

BACA JUGA: Cara Melunasi Hutang Pinjol Legal dengan Efektif, Gunakan 5 Langkah ini Supaya Cepat Terselesaikan

Anda dapat membuat pengaduan ke lembaga LBH dengan mengisi formulir yang telah disediakan di situs resminya. Selain itu, sertakan juga bukti terkait penyalahgunaan data yang dialami oleh pengguna pinjol.

Selain menghubungi LBH Jakarta, sebagai langkah terakhir, para korban pinjol juga dapat melaporkan pihak kepolisian terdekat. Proses pelaporan ke polisi harus didukung dengan pengumpulan semua bukti terkait, seperti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan yang dialami oleh nasabah.

Demikian informasi seputar cara memblokir KTP disalahgunakan pinjol yang efektif dan ampuh. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: