3 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi, Bisa Langsung Dipraktikan Menggunakan HP

3 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi, Bisa Langsung Dipraktikan Menggunakan HP

Cara mencegah pinjol sebar data pribadi--

Sebagai tips, ajukanlah pinjaman yang nilainya tidak lebih 30 persen dari pendapatan yang Anda miliki. Hal ini untuk memudahkan Anda membayar hutang tiap bulannya nanti.

Jika diminta akses perizinan, Anda hanya memperbolehkan mengakses 3 izin yaitu kamera, microphone, dan lokasi. Apabila aplikasi pinjaman yang digunakan meminta izin lebih dari itu, sudah dipastikan layanan tersebut ilegal.

2. Konsisten Bayar Tagihan Tepat Waktu sampai Lunas

Cara mencegah pinjol sebar data pribadi selanjutnya yaitu membayar tagihan tepat waktu. Apabila Anda merasa sulit untuk membayar tagihan, cobalah meminta keringanan dengan mengajukan restrukturisasi.

Penting bagi Anda supaya tidak mengajukan pinjol di berbagai platfrom untuk menutup utang sebelumnya. Hal ini hanya akan memperburuk kondidi utang dan keuangamu, jadi perlu untuk Anda hindari.

BACA JUGA: Angsuran KUR BRI 2024 Pinjaman Rp85 Juta Cicilan Hanya Rp1 Jutaan, Ini Syaratnya

BACA JUGA: 8 Daftar Aplikasi Pinjol Tanpa Slip Gaji dan NPWP Resmi OJK, Cepat Cair dan Aman

3. Laporkan ke Pihak Berwajib Jika Pinjol Melakukan Sebar Data

Apabila data tersebar, Anda dapat melaporkannya ke pihak berwajib. Umumnya data akan disebar ketika nasabah galbay di platfrom pinjol ilegal.

Sebelum melaporkan pastikan Anda menyertakan bukti yang kuat jika memang data sudah disebar oleh oknum pinjol ilegal. Karena itu, hati-hati jika ingin menggunakan layanan pinjo, pastikan Anda menggunakan platfrom legal terdaftar OJK.

Demikian informasi seputar cara mencegah pinjol sebar data pribadi yang kami lansir dari radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: