Siswa-siswi SMP Al Irsyad Jajakan Makanan Khas Tegal

Siswa-siswi SMP Al Irsyad Jajakan Makanan Khas Tegal

MARKET DAY – Siswa SMP Al Irsyad Kota Tegal menjajakan makanan khas Tegal dalam acara Market Day yang diadakan di halaman sekolah.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL – Ajang SMP Al Irsyad Competition (SAC) yang diselenggarakan SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal, tidak hanya diramaikan dengan penampilan siswa di atas panggung. Namun, juga dimeriahkan Market Day yang diselenggarakan di halaman sekolah. Dalam Market Day ini, siswa menjajakan makanan khas Tegal dan jajanan lainnya.

Kepala SMP Al Irsyad Islamic School Kota Tegal Moh Alwi SPd melalui Sie Kurikulum Intan Tri Wijayanti SSi menyampaikan, Market Day merupakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan oleh siswa kelas VII dan VIII SMP Al Irsyad. Tema yang diangkat adalah Kearifan Lokal. 

BACA JUGA:Polsek Petarukan Polres Pemalang Datangi Toko dan Bengkel Sepeda Motor

Sebelumnya, siswa mempraktikkan pembuatan makanan khas Tegal didampingi guru mata pelajaran dan dipasarkan bersamaan event SAC. “Mereka mencari makanan khas Tegal yang akan dibuat dan mencari resepnya. Dalam penerapannya tidak hanya makanan khas Tegal, namun juga jajanan lainnya,” kata Intan.

Makanan khas Tegal yang dijajakan dalam Market Day, sambung Intan, di antaranya sate kambing, kupat blengong, lengko, klepon, olos. Melalui implementasi P5 dengan menyelenggarakan Market Day, SMP Al Irsyad berharap dapat turut melestarikan makanan khas Tegal di tengah maraknya jajanan asing yang banyak bermunculan. 

BACA JUGA:Bupati Mansur Jelaskan Alasan Memilih Joko Ngatmo sebagai Kepala Diskominfo

Selain itu, Market Day diharapkan dapat melatih siswa memiliki kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, dan gotong royong. Intan mengapresiasi siswa dan menyampaikan terima kasih kepada Tim Fasilitator Market Day yang diketuai Safry Rahmansyah SPd, sekretaris Aulia Larasati SPd, dengan anggota M Firdi Arham SPdI, dan Aulia Safira SPd. 

“Kami berharap siswa bisa lebih menerapkan dan mengutamakan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Mengurangi sikap egois serta merasa lebih dibandingkan yang lain,” ucap Intan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: