7 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Diet Secara Sehat

7 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Diet Secara Sehat

DIET SEHAT. Dapat dibarengi dengan beberapa tips yang dapat membantu menurunkan berat badan.--sumber gambar: TODAY Show

DISWAY JATENG- Berat badan berlebih dapat mempengaruhi penampilan menjadi kurang menarik, serta dapat berdampak pada kesehatan. Maka dari itu, diet untuk menurunkan berat badan penting dilakukan.

Diet adalah aktivitas untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet vegan hingga diet karbohidrat. Namun, perlu diperhatikan bahwa kebutuhan tubuh berbeda setiap individu lainnya. 

Karena itu, tidak semua metode diet sehat cocok untuk semua orang. Dengan kata lain, diet yang aman harus memperhatikan kondisi tubuh individu itu sendiri.

Lantas, apa saja tips diet untuk menurunkan berat badan yang aman untuk dilakukan?. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan tubuh yang ideal:

BACA JUGA:7 Buah-Buahan ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Tentunya Aman dan Efektif untuk Tubuh

1. Mengukur Body Mass Index (BMI)

Langkah awal program diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengukur BMI. Tahapan ini dapat menunjukkan informasi tentang berat badan serta status nutrisi seseorang.

Jika perhitungan BMI menunjukkan memiliki berat badan berlebih, maka menurunkan berat badan perlu dilakukan dengan diet yang sesuai kondisi tubuh. 

Misalnya, orang yang mengalami kelebihan berat badan perlu menurunkan 5-10% dari berat badan pada awal pengukuran. BMI dapat menjadi acuan untuk rencana pola makan diet yang cocok untuk mendapatkan BB ideal.

2. Makan Secukupnya

Salah satu tips diet untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan secukupnya. Dengan memperhatikan metabolisme tubuh tetap seimbang melalui mengatur porsi makan.

Yang tidak berlebihan sesuai dengan kalori yang direkomendasikan dan jumlah kegiatan yang dilakukan. Agar energi yang ada di dalam tubuh tetap stabil.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Diet yang aman diawali dengan sarapan, agar dapat menjalani aktivitas tanpa hambatan. Pastikan sarapan dengan makanan sehat bergizi seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: