Makan Malam Bikin Gemuk dan Perut Buncit? Yuk Simak 5 Tips Mencegahnya

Makan Malam Bikin Gemuk dan Perut Buncit? Yuk Simak 5 Tips Mencegahnya

Benarkah makan malam bikin gemuk dan perut buncit?-Klik Dokter-

DISWAYJATENG - Kondisi gemuk dan perut buncit kerapkali menjadi masalah yang tak kunjung usai. Perut buncit dapat dipengaruhi karena kondisi badan yang gemuk.

Pola makan tentu berpengaruh pada kondisi tubuh, baik kurus maupun gemuk. Jika kamu memiliki pola makan yang tidak teratur dan sehat, maka berhati-hati karena bisa membawa tubuhmu ke kondisi gemuk.

Makan malam dan mitos gemuk, sepertinya dua hal yang seringkali disandingkan. Ada yang berpendapat, makan malam bisa bikin badan gemuk, tapi sebenarnya, apa sih fakta di balik anggapan ini? Yuk, kita coba kupas tuntas!

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Perut Buncit bisa Berbahaya bagi Kesehatan Tubuh, Simak 5 Tips Punya Perut Ramping

Makan Malam Bukan Penjahat Utama

Kalau kamu sering takut makan malam karena khawatir bikin berat badan makin nambah, tenang dulu. Secara medis, makan malam bukanlah penjahat utama yang bikin gemuk.

Porsi makan dan pola makan yang tidak beraturan tentu dapat mendominasi kondisi tubuhmu. Kamu bisa merasakan kurus atau gemuk karena pola makan yang kamu jalani.

Namun, memahami kompleksitas metabolisme tubuh juga penting. Metabolisme kita bekerja lebih lambat saat malam hari, dan ini terkait dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Jadi, tubuh kita lebih efisien membakar kalori di pagi hari.

Proses Metabolisme dan Kenaikan Berat Badan

Pada malam hari, cadangan glukosa di tubuh kita akan dipecah untuk menjaga gula darah tetap stabil saat kita tidur.

Jika makan malam kamu tidak terlalu larut, glukosa akan habis, dan tubuh mulai membakar lemak untuk memenuhi kebutuhan glukosa tersebut.

Namun, kalau porsi dan jam makan tidak diperhatikan maka jangan kaget jika akhirnya lemak dan sisa-sisa makanan itu tumbuh dan mengendap dalam tubuhmu. Ini berisiko gemuk dan perut buncit.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Perut Buncit dengan Bahan Alami dalam Satu Minggu? Berikut 12 Tips Sederhananya. Dijamin Ampuh

Sebetulnya, bukan makan malamnya yang bikin gemuk, tapi seringkali orang tanpa sadar milih makanan instan atau fast food saat malam hari. Makanan-makanan ini punya kalori tinggi dan bisa jadi pemicu kenaikan berat badan.

Tips Makan Malam agar Tetap Sehat dan Happy

Nah, agar makan malam enggak jadi momok bikin gemuk, yuk simak beberapa tips berikut:

1. Hindari Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam berlebihan bisa jadi risiko obesitas. Makanan yang tinggi garam sering bikin ketagihan dan bisa menyebabkan penumpukan cairan yang akhirnya berujung pada kenaikan berat badan. Jadi, hindari camilan asin tengah malam ya.

2. Pilih Makanan Rendah Kalori dan Nutritious

Supaya makan malam enggak bikin gemuk, pilihlah makanan yang tinggi serat dan rendah kalori. Buah-buahan dan sayuran adalah pilihan tepat. Meski rendah kalori, makanan ini punya nilai gizi tinggi yang baik untuk tubuh.

3. Minum Banyak Air Putih

Air putih itu ajaib, bisa bantu menghindari kegemukan lho. Cukupi kebutuhan cairan tubuh, dan minum 1-2 gelas air putih sebelum makan bisa buat perut terasa lebih kenyang. Akibatnya, nafsu makan malam jadi lebih terkontrol.

4. Aktif Bergerak

Salah satu alasan orang bilang makan malam bikin gemuk karena kurang aktivitas fisik di malam hari. Jangan malas bergerak, cobain deh olahraga ringan atau sekadar berjalan-jalan. Bisa bantu bakar lemak dan jauh dari masalah gemuk.

5. Pastikan Tidur Cukup

Jangan terlalu sering begadang, ya. Kurang tidur bisa memengaruhi pola makan kita. Begadang seringkali bikin kita lapar dan makan di malam hari.

Padahal, kebiasaan ini bisa berujung pada melewatkan sarapan dan makan berlebihan di kemudian hari.

Kesimpulan: Makan Malam Itu Sah-Sah Saja

Jadi, apakah makan malam bikin gemuk? Sebenarnya tidak, asalkan kamu memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi dan tetap aktif bergerak.

Ingat, makan malam itu nggak boleh jadi momok yang bikin stres. Nikmatilah hidangan malammu dengan bijak, jaga pola makan sehat, dan tetap bahagia!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: