3 Cara Mudah Mengatasi Perut Buncit, Cocok untuk Kamu yang Punya Badan Kurus

3 Cara Mudah Mengatasi Perut Buncit, Cocok untuk Kamu yang Punya Badan Kurus

Penyebab dan cara mengatasi perut buncit pada badan kurus-Herstory-

DISWAYJATENG - Perut buncit menjadi masalah yang banyak terjadi pada setiap orang. Sehingga cara mudah mengatasi perut buncit pun banyak dijadikan rujukan orang yang mengalaminya, baik laki-laki maupun perempuan.

Penyebab perut gemuk sangatlah beragam, namun didominasi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Siapa bilang perut buncit hanya dialami oleh orang gemuk?

Ternyata, perut buncit bisa menghampiri siapa saja, termasuk orang dengan badan yang kurus. Penasaran kenapa perut bisa buncit meski tubuh terlihat langsing? Mari kita kupas tuntas bersama-sama!

Perut buncit pada orang kurus

Perut buncit, bukan hanya masalah penampilan, tetapi juga dapat menjadi sumber risiko kesehatan. Menurut Poya Shafipour, MD, seorang dokter spesialis keluarga di Paloma Health,

BACA JUGA: Berikut 7 Penyebab Perut Buncit Pada Anak yang tidak Boleh di Sepelekan

"Perut buncit berkorelasi dengan banyak komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, disfungsi ereksi, dan penyakit hati berlemak." Jadi, ini bukan hanya masalah visual, tetapi juga tentang kesehatan yang serius.

Penyebab perut buncit 

1. Usia

Salah satu faktor yang tidak bisa dihindari adalah usia. Saat kita memasuki usia tertentu, distribusi lemak tubuh berubah, dan energi ekstra lebih mudah disimpan sebagai lemak.

Hubungan antara usia dan kesehatan saling berkesinambungan. Usia memengaruhi metabolisme tubuh seseorang. Usia yang bertambah juga dapat menimbulkan perut yang buncit meskipun badan terlihat kurus.

2. Gaya Hidup dan Pola Makan

Gaya hidup dan pola makan memiliki peran besar dalam pembentukan perut buncit. Manajemen gula darah yang buruk, terutama dari karbohidrat olahan, dapat menyebabkan penumpukan lemak perut.

BACA JUGA: 7 Minuman Ampuh Mengatasi Perut Buncit, Enak dan Gampang Bikinnya

Konsumsi makanan dengan waktu yang tidak teratur dapat menyebabkan pencernaan yang tidak sehat. Makan dengan waktu yang sering dan porsi besar akan memicu perut membesar dan buncit.

3. Stres

Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang berkontribusi pada penumpukan lemak perut. Selain itu, kondisi stres juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Bukan hanya masalah perut buncit saja, namun kondisi stres bisa menimbulkan banyak hal, misalnya kecantikan dan metabolisme tubuh yang menurun.

Cara menyiasati perut buncit

1. Membatasi Asupan Gula

Menurut Shafipour, mengurangi asupan gula adalah langkah awal yang baik. Hindari makanan manis dan perlahan kurangi gula dari pola makan sehari-hari.

2. Ganti Alkohol dengan Air Putih

Stop atau kurangi konsumsi alkohol, dan perbanyak minum air putih. Menghidrasi tubuh dengan baik membantu mengatasi kelebihan lemak.

Alkohol memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan, selain menimbulkan berbagai penyakit, konsumsi alkohol yang belebihan dan keseringan bisa menimbulkan perut membuncit bahkan menjadi keras.

3. Berolahraga

Tidak ada jalan pintas dari olahraga. Bergerak selama 30 menit sehari dapat membuat perbedaan besar. Apa pun aktivitasnya, yang penting membuat detak jantung meningkat.

BACA JUGA: 5 Cara Ampuh Mengatasi Lemak di Perut. Jika Tidak Segera Diatasi Bisa Bikin Perut Buncit

Usaha menyeluruh untuk hasil optimal

Untuk mengecilkan perut buncit, diperlukan usaha menyeluruh. Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak terburu-buru saat makan dan hindari kegiatan lain saat makan.

Hal ini dapat mencegah makan berlebihan dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Abby Grimm, ahli gizi di FWDfuel Sports Nutrition, menyarankan untuk memilih makanan dengan protein tinggi, sayuran non-tepung, dan karbohidrat kompleks seperti beras merah. Gantilah alkohol dengan air putih untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Jangan lupakan olahraga! Bergeraklah secara teratur, entah itu jogging, berjalan kaki, atau bersepeda. Berjalan kaki setelah makan malam juga bisa menjadi kebiasaan sehat.

Kesimpulan

Perut buncit pada badan kurus memang sebuah misteri yang dapat dipecahkan dengan pemahaman dan tindakan yang tepat.

Mengurangi asupan gula, menggantikan alkohol dengan air putih, dan berolahraga secara teratur adalah kunci untuk mengatasi perut buncit.

Ingatlah bahwa usaha dan proses ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Dengan usaha yang tepat, kita dapat mengecilkan perut buncit, meningkatkan kesehatan, dan meraih penampilan terbaik kita.

Jadi, mari bergerak bersama menuju perut yang lebih ramping dan kesehatan yang optimal! Demikian informasi tentang cara mudah mengatasi perut buncit, yang bisa dilakukan secara mendiri di rumah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: