Jangan Sepelakan, Inilah 6 Bahaya Diet Ekstrem yang Harus Kamu Tahu. Bisa Memnimbulkan Depresi

Jangan Sepelakan, Inilah 6 Bahaya Diet Ekstrem yang Harus Kamu Tahu. Bisa Memnimbulkan Depresi

-CNN Indonesia-

DISWAYJATENG - Dalam keinginan untuk memiliki berat badan ideal menjelang acara spesial, beberapa wanita sering terjebak dalam godaan diet ekstrem.

 

Meskipun berat badan bisa turun dengan cepat, Kamu perlu tahu bahwa ada sejumlah bahaya serius yang terkait dengan diet yang terlalu ekstrem.

 

Jadi, sebelum memutuskan untuk menjalani diet yang drastis, yuk kita simak tentang bahaya menjalani diet ekstrem.

 

1. Badan Tidak Bertenaga

 

Diet terlalu ekstrem cenderung membuat badan menjadi lemas dan kekurangan energi. Meski menahan lapar dianggap sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan.

 

Kamu perlu ingat bahwa asupan kalori yang terlalu rendah dapat membuat tubuh kekurangan energi.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kacang! 8 Makanan Penyebab Jerawat ini Harus Kamu Hindari Agar Jerawat Tidak Tumbuh Makin Banyak

 

Sebagai perbandingan, wanita dewasa membutuhkan rata-rata 2000 kalori per hari. Nah jika kamu melakukan diet dengan ketat, kamu tidak mendapatkan kebutuhan kalori itu, maka kamu dapat merasakan lemas, letih bahkan berisiko pingsan.

 

Menurunkan berat badan yang sehat seharusnya tidak membuat Kamu kehilangan vitalitas.jumlah kalori tersebut sangat penting untuk kestabilan dan kesehatan manusia. Sehingga, diet secara ekstrem dapat berisiko.

 

2. Diare

 

Mengubah pola makan secara drastis dalam waktu singkat dapat memberi respon kaget pada sistem pencernaan yang belum sempat beradaptasi.

Akibatnya, tubuh dapat merespons dalam bentuk diare sebagai upaya untuk membuang makanan tanpa menyerapnya sebagai sumber energi.

 

Diet ekstrem seringkali memaksa kamu untuk melakukan perubahan drastis dalam pola makan. Jika dilakukan secara paksa dan ketat maka akan timbul diare.

 

Selain menjadi pengalaman yang tidak nyaman, diare juga dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan kelemahan pada tubuh.

 

3. Sembelit

 

Sama seperti diare, sembelit atau kesulitan buang air besar juga dapat menghampiri jika Kamu mencoba diet ekstrem.

BACA JUGA:8 Manfaat Luar Biasa Masker Charcoal untuk Kulit, Efektif Bikin Kulit Cerah dan Mulus Bebas Jerawat

 

Misalnya, penggunaan obat penurun berat badan tanpa resep yang sebenarnya tidak diperlukan dapat mengganggu kinerja usus dan menyebabkan sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: