Telat Bayar Shopee PayLater? Inilah Tips Menghindari Debt Collector Datang ke Rumah, dan Ketahui Risikonya

Telat Bayar Shopee PayLater? Inilah Tips Menghindari Debt Collector Datang ke Rumah, dan Ketahui Risikonya

telat bayar shopee paylater--foto youtobe

DISWAY JATENG - Shopee Paylater merupakan fasilitas kredit untuk pengguna yang ingin membeli barang di Shopee. Sama seperti layanan kredit lainnya, Shopee Paylater juga menerapkan bunga dan denda bagi yang telat membayar.

Apabila kalian sedang mengalami telat bayar, maka perlu mengetahui risiko jika telat bayar Shopee Paylater 1 bulan hingga 2 bulan.

Risiko Telat Bayar Shopee Paylater

1. Mempengaruhi skor kredit SLIK

Peringkat kredit saya di SLIK juga semakin menurun karena kejadian ini. Alhasil dapatlah masa sulit untuk mendapatkan pembiayaan dari bank ketika sedang membutuhkan uang dalam jumlah yang besar.

Kasusnya memang tidak begitu parah, namun kalian harus tetap berhati-hati ketika menggunakan fitur Shopee Paylater. Karena jika menunggak terlalu lama maka pengguna akan didatangi oleh penagih lapangan dari pihak Shopee Paylater.

Selain itu, jika sudah menunggak terlalu lama maka tagihan yang harus dilunasi akan terus membengkak. Pembayaran pun akan terasa lebih sulit.

2. Dikenakan biaya keterlambatan

BACA JUGA:7 Daftar Aplikasi PayLater dengan Limit Hingga Rp50 Juta Tanpa Kartu Kredit Terbaik 2024 Resmi OJK

Risiko yang paling sering terjadi yaitu adanya denda keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang sudah melewati tanggal jatuh tempo dan akan dikenakan bunga 2.95% dari total tagihan.

3. Dilakukan penagihan melalui telepon atau penagihan lapangan.

Menurut pengalaman telat bayar Shopee Paylater dari pengguna yang pernah mengalaminya, penagihan tersebut juga dilakukan di lapangan. Hal ini berarti kalian akan mengalami penagihan secara langsung seperti debt collector.

4. Pembatasan akses fungsi pada aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee

Jika terdapat tagihan yang belum dibayarkan, otomatis batas limit kredit dari Shopee Paylater dibekukan. Dengan begitu, kalian tidak dapat menggunakan Shopee Paylater hingga seluruh tagihan terbayarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: