Begini Cara Menggunakan PayLater dengan Tepat Agar Tetap Untung, dan Ketahui Risikonya

Begini Cara Menggunakan PayLater dengan Tepat Agar Tetap Untung, dan Ketahui Risikonya

cara menggunakan paylater--foto gopay

DISWAY JATENG - PayLater adalah metode pembayaran yang memungkinkan pengguna menyelesaikan transaksi dengan cicilan kredit tanpa kartu.

Dengan kata lain, mereka dapat melunasi pembayaran dengan uang yang disediakan oleh pemberi kredit terlebih dahulu, lalu membayarnya kembali dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jadi, mereka tidak perlu menyediakan uang di muka pada awal transaksi.

PayLater adalah metode pembayaran yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Memang, PayLater menawarkan banyak keuntungan dari segi kemudahan serta aksesibilitas. Tapi, perlu diketahui juga kalau PayLater memiliki risiko yang bisa menghantuimu kalau tidak digunakan dengan tepat. Agar tidak salah strategi hingga rugi, simak seluk-beluk PayLater di sini, yuk!

Cara Pakai PayLater dengan Tepat

1. Pahami syarat dan ketentuan pinjaman

Sebelum memilih layanan PayLater, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh penyedia layanan. Contohnya, mungkin saja kalian harus menyelesaikan cicilan pinjaman sesuai batas waktu yang telah ditentukan, tidak boleh lebih awal atau terlambat, agar terhindar dari penalti.

2. Beli barang yang dibutuhkan saja

BACA JUGA:Inilah Syarat dan Cara Aktivasi Paylater di Livin by Mandiri dengan Suku Bunga 0%, Simak Cara Bayar Tagihannya

Tips selanjutnya dan yang tidak kalah penting dalam penggunaan PayLater adalah mengutamakan kebutuhan primer alih-alih keinginan. Karena dengan membeli barang kebutuhan saja, kalian akan mengurangi risiko pembelian konsumtif dan ketergantungan pada PayLater.

3. Atur limit sesuai budget

Agar kalian tidak menghabiskan terlalu banyak uang di luar batas budget sendiri, pastikan untuk memilih limit yang tidak terlalu tinggi. Mudahnya, jangan sampai pengeluaranmu untuk utang melebihi 30% dari total pemasukan bulananmu. Misalnya, kalau kalian punya gaji bulanan Rp.5 juta, batasi penggunaan PayLater hingga Rp.1,5 juta saja per bulannya.

4. Cek kembali suku bunga dan biaya lainnya

Kalian juga perlu mempertimbangkan suku bunga pinjaman, biaya administrasi, biaya penarikan, dan masih banyak lagi. Karena wajib membayar semua biaya tersebut di samping nominal pinjaman dasar. Agar tidak boros, pilihlah sistem biaya yang terjangkau dan masih berada dalam batas anggaran.

Cara Daftar GoPay Later

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: