Disdikbud Provinsi Jateng Hadirkan Dr Yusqon, Penerima 5 Penghargaan Nasional

Disdikbud Provinsi Jateng  Hadirkan Dr Yusqon, Penerima 5 Penghargaan Nasional

BERSAMA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dr Uswatun Hasanah bersama Kepala SMK Negeri 2 Kota Tegal Mas Rudianto dan guru.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah mengadakan podcast yang menghadirkan Dr Yusqon. ASN yang juga pegiat literasi yang meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Sebagai ASN inspiratif Dr Yusqon bercerita pengalamannya menjadi pegiat literasi nasional, sembari tetap melaksanakan tugasnya yakni ASN atau guru di SMK Negeri 2 Kota Tegal.

Dr Yusqon menyampaikan bahwa semua yang dilakukannya adalah semata-mata untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal tersebut didasari atas hak dasar manusia salah satunya adalah pendidikan. Itulah yang membuatnya untuk terus bisa meningkatkan literasi masyarakat.

BACA JUGA:Kejuaraan Pencak Silat, Cetak Atlet Berprestasi di Kabupaten Pemalang

Dari basic sebagai pengajar, dia mencoba membuka sejumlah TBM dan PKBM termasuk RA-PAUD tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"Pada profesinya sebagai guru, saya pernah meraih penghargaan guru teladan, dan pernah menjadi kepala sekolah berprestasi saat kepemimpinan Wali Kota Tegal Adi Winarso dan  Wali Kota Tegal Ikmal Jaya," terangnya.

Termasuk melahirkan karya dan berbagai inovasi hingga meraih berbagai penghargaan nasional dari kementerian, diantaranya M Nuh saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional, Muhajir Effendy saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Cahyo Kumolo saat menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin saat menjadi Menpan RB, dan M Syarif Bando selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI.

BACA JUGA:Harga Tomat di Lereng Gunung Slamet Kabupaten Pemalang Mahal dan Sulit Didapat

Dr Yusqon juga pernah dinobatkan menjadi tokoh pendidikan Jawa Tengah oleh PWI. Namun prestasi dan penghargaan tersebut membutuhkan pengorbanan untuk terus konsisten memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Bukan hanya di awal, atau setelah menerima penghargaan, tetapi harus terus berkelanjutan tanpa henti untuk masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dr Uswatun Hasanah mengatakan bahwa prestasi dan penghargaan yang telah diraih diharapkan bisa memotivasi ASN untuk bekerja dengan baik dan menyusul meraih prestasi.

Dr Uswatun juga berpesan kepada Dr Yusqon agar terus berkarya dan memberikan nilai manfaat baik di lingkup lokal, daerah hingga nasional.

BACA JUGA:Dosen Poltek Harber Tegal Ajak Siswa Olah Ampas Teh

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Kota Tegal dan Brebes Indri Astuti mengapresiasi inovasi dan penghargaan yang telah diraih Dr Yusqon sebagai guru SMK Negeri 2 Kota Tegal. Hal ini membuktikan bahwa guru juga bisa berinovasi yang berujung pada pendidikan untuk masyarakat. 

Pihaknya berharap, prestasi Dr Yusqon akan memotivasi guru-guru lain untuk bisa meraih prestasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: