Jerawat di Bibir Ganggu Penapilanmu? Simak Inilah Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Jerawat di Bibir Ganggu Penapilanmu? Simak Inilah Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Penyebab dan 5 cara mengatasi jerawat di bawah bibir-Merdeka.com-

DISWAYJATENG - Jerawat, menjadi masalah kulit yang bisa muncul di mana saja, termasuk di bibir. Tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bikin nyeri jika meradang.

 

Masalah jerawat merupakan masalah yang begitu menyebalkan bagi banyak orang. Alasannya, jerawat ini menjadi penyakit yang susah dihilangkan.

Keluhan yang paling banyak dirasakan orang baik perempuan laki-laki adalah jerawat pada wajah mereka.

 

Lantas bagaimana menangani permasalahan jerawat ini? Sebenarnya sudah banyak produk kimia maupun herbal alami yang memberikan stimulan untuk menangani jerawat. Namun, sampai sekarang belum ada penemuan yang dahsyat untuk menghilangkan jerawat.

 

Masalah jerawat ini melebar, jerawat bisa saja tumbuh di area bibir. Ini tentu sangat menyebalkan dan mengganggu penampilan.

BACA JUGA:Jerawat di Bawah Bibir: 5 Tips Perawatan dan Perbedaannya dengan Herpes

 

Untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebab, cara mencegah dan mengatasinya, yuk simak ulasan berikut ini.

 

Jerawat dan Bibir: Apa Hubungannya?

 

Jerawat itu nongol karena folikel rambut yang tersumbat sama sebum (minyak alami kulit) dan sel kulit mati.

Biasanya, jerawat suka muncul di area dengan banyak kelenjar minyak, kayak wajah, leher, punggung, dada, pundak, dan bahu.

 

Penyebab Jerawat di Bibir

 

Kelenjar minyak bikin sebum buat melumasi rambut dan kulit. Tapi, kalau sebum dan sel kulit mati numpuk berlebihan, folikel rambut bisa tersumbat.

Nah, kondisi kaya gitu jadi tempat asyik buat bakteri berkembang biak. Akhirnya, jerawat muncul dengan penuh peradangan.

 

Bukan cuma jerawat, di sekitar bibir juga bisa ada herpes simpleks, nih. Herpes ditkamui sama benjolan atau lepuhan yang muncul di bibir.

 

Jangan risau, untuk membedakan jerawat dan herpes itu gampang. Kalau herpes cenderung panas, ruam merah dan gatal, tapi kalau jerawat cenderung sakit saat disentuh atau dipencet.

BACA JUGA:8 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Menggunakan Maker Teh Celup, Salah Satunya Bisa Atasi Jerawat

 

Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

 

Beberapa faktor bisa bikin jerawat muncul di bibir, seperti jenis kulit berminyak, perubahan hormon, genetika, efek samping obat-obatan, dan stres.

Kalau jerawat udah nyempil di bibir, jangan panik! Banyak kok cara-cara yang mudah untuk mengatasinya.

 

1. Rutin Cuci Muka dan Rambut

 

Cuci muka dua kali sehari dengan sabun lembut dan keramas saat rambut udah berminyak. Rambut yang berminyak bisa bikin jerawat muncul di wajah dan kulit kepala.

Jangan bilang, rambut dan wajah tidak ada hubungannya ya, dua anggota tubuh ini memiliki peranan penting untuk membantu kecantikanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: