Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Yuk Merapat!

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Yuk Merapat!

BAWANG PUTIH- Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Wajah--

DISWAY JATENG- Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Yuk Merapat! Bawang Putih merupakan salah satu bumbu dasar dalam pembuatan makanan di Indonesia. Dengan aroma yang khas dan kuat membuat bawang putih menjadi bahan utama dalam banyak masakan Indonesia.

Bawang putih mentah memiliki senyawa bernama sulfur yang merupakan salah satu zat kimia yang disebut alliin. Zat ini yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau pahit ketika dimakan mentah.

Ada beberapa manfaat bawang putih jika kita konsumsi; mengatasi flu, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan banyak lagi. Namun ada manfaat yang penting lainnya yang berguna terutama bagi wanita, yakni menjaga kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang umum dilakukan setiap orang,  terutama kulit wajah. Bagi setiap orang wajah menjadi bagian paling penting yang wajib dirawat, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya menggunakan bawang putih.

BACA JUGA: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami, Dijamin Percaya Diri Lagi

Manfaat Bawang Putih untuk Wajah:

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi hal paling menyebalkan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Manfaat bawang putih ini, karenasifat antiseptik dan antibakteri yang membuatnya menjadi bahan yang baik untuk mengobati jerawat.

Caranya dengan mengambil beberapa suing bawang putih, kemudian hancurkan sampai mengeluarkan air dan oleskan pada jerawat.

Saat digunakan akan terasa perih, apalagi jika jerawat yang diberi olesan sudah matang dan bernanah. Gunakan selama beberapa kali agar menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

2. Sebagai Anti-Aging

Manfaat bawang putih lainnya adalah menunda tanda-tanda penuaan pada kulit wajah secara efektif.

Untuk mendapatkan manfaat yang efektif cara yang dilakukan cukup sederhana. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang dicampur dengan madu dan air lemon secukupnya. Dengan mengkonsumsinya secara rutin pada pagi hari sebelum sarapan.

3. Menghilangkan Komedo

Manfaat bawang putih berikutnya adalah menghilangkan komedo. Ada berbagai cara menghilangkan komedo yang biasanya dilakukan dengan menggunakan masker anti komedo yang dijual pada minimarket.

Tetapi, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo kandungan plifenol yang mampu mengontrol keluarnya minyak yang mengurangi jumlah komedo pada wajah.

Dapat dilakukan dengan cara, parut tomat dan beberapa suing bawang putih kemudian campurkan hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Oleskan pada bagian hidung yang terdapat komedo diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas.

Lakukan secara teratur dan konsisten agar metode ini mampu meghilangkan komedo, mengontrol keluarnya minyak berlebih dan meringkas pori.

BACA JUGA: Keluhan Jerawat di Wajahmu Tak Kunjung Selesai? Inilah 7 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Jerawat

Setelah menjelaskan manfaat bawang putih di atas, tentunya banyak orang yang tergiur. Hanya dengan bawang putih yang cukup dibeli di pasar dan tentunya selalu ada di rumah akan membuat banyak orang yang akan menggunakannya secara berlebihan.

1. Iritasi Kulit

Dengan kandungan senyawa sulfur yang cukup tinggi, membuat orang yang memiliki kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam menggunakan bawang putih pada daerah wajah.

2. Sensitivitas Kulit

Penggunaan bawang putih mentah, akan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Pada beberapa kasus ada yang menyebabkan alergi yang mengharuskan berkonsultasi pada dokter kulit.

3. Bereaksi dengan Produk Perawatan Lain

Ketika menggunakan bawang putih mentah usahakan jangan menggunakan perawatan lain pada wajah. Karena jika dilakukan bersamaan menyebabkan iritasi dan peradangan.

BACA JUGA: Tips dan Cara untuk Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Efektif, Nomor 3 Jarang Diketahui

Dari manfaat bawang putih dan resiko yang harus dihadapi, jika menggunakan bawang putih sebagai perawatan wajah. Gunakan perawatan dengan bawang putih ini secukupnya dan hentikan penggunaan ketika masalah pada kulit wajah telah usai.

Serta periksakan ke dokter kulit jika merasakan adanya rasa gatal, kemerahan pada kulit wajah yang menggunakan perawatan dengan bawang putih. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: