Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami, Dijamin Percaya Diri Lagi

Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami, Dijamin Percaya Diri Lagi

Wajah bersih mulus dan bebas dari jerawat menjadi dambaan setiap wanita--

DISWAYJATENG – Ketika muncul, setiap orang pasti ingin segera menghilangkan jerawat. Walaupun banyak obat yang tersedia, namun cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami juga banyak orang lakukan.

Jerawat bisa terjadi kepada siapa saja baik itu wanita ataupun pria. Kemunculan jerawat ini bisa mengganggu penampilan seseorang. Adanya jerawat pada wajah seseorang bisa menandakan bahwa kulit wajah mereka tidak sehat.

 Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung.

Menghilangkan Jerawat secara Alami

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Es batu

Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

2. Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat  proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Caranya dengan memakai masker dari gel lidah buaya, kemudian diamkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

6. Madu

Siapa yang tak kenal khasiat baik yang terkandung dalam madu? Bahan alami yang satu ini ternyata dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Caranya adalah dengan mengaplikasikan madu pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7. Cuka Apel

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

8. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya dengan mengoleskan tomat yang telah dipotong pada wajah secara merata, lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Gunakan pepaya sebagai masker alami wajah, kemudian diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

10. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Caranya dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Selain bahan alami tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan lain, seperti kentang dan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Namun pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan bersih.

BACA JUGA:Inilah 10 Cara Mengatasi Jerawat dan Perawatan Kulit Berminyak

Jika cara menghilangkan jerawat secara alami di atas telah dilakukan namun jerawat tetap membandel, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: