Lansia di Desa Jurangmangu Kabupaten Pemalang Ikuti Senam dan Akupresur

Lansia di Desa Jurangmangu Kabupaten Pemalang Ikuti Senam dan Akupresur

BERLATIH - Lansia sedang mengikuti senam dan akupresur.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sebanyak 39 lansia di Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang mengikuti kegiatan kesehatan. aantara lain senam lansia dan akupresur agar lebih sehat di usia senja. 

Kader kesehatan Desa Jurangmangu Nurhikmah mengatakan, lansia sangat antusias dalam kegiatan terkait kesehatan. Sederet pemeriksaan juga dilakukan agar lansia terdata dengan jelas, kondisi perkembangan tubuhnya di setiap bulan. Sehingga bisa ditindaklanjuti apabila ada keluhan keluhan. 

BACA JUGA:Pembangunan SMA Negeri Tegal Selatan di Kota Tegal Mulai Tahun Ini

"Senam, mengasah konsentrasi dan akupresur juga diikuti oleh semua lansia dengan baik," katanya.

Akupresur sendiri dilakukan dengan memijat bagian kepala, wajah dan tangan, sehingga lansia bisa merasa aman dan nyaman. Akupresur sangat bermanfaat bagi lansia karena bisa mengatasi mual dan muntah serta meredakan rasa nyeri. Pada lansia umumnya terjadi nyeri pada punggung dan sakit kepala.

"Akupresur ini dipercaya mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengurangi penyumbatan yang menyebabkan timbulnya rasa sakit," tambahnya. 

BACA JUGA:PMI Kabupaten Tegal Salurkan Bantuan kepada Warga Desa Babakan yang Rumahnya Terbakar

Salah satu lansia Wiyati mengatakan, semua kegiatan khusus lansia ini sangat mudah dilakukan, dibimbing dengan baik serta diperhatikan. Termasuk saat senam, mengasah konsentrasi dan akupresur sangat menyenangkan dan bisa membantu tubuh lebih baik dari sebelumnya.

"Rasanya enak, enteng dan jadi semangat untuk beraktifitas, tidak sakit serta mudah dilakukan" ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: