Jangan Khawatir! Inilah Solusi dan Tips Pinjaman Tanpa Riba, Aman dan Gak Ribet

Jangan Khawatir! Inilah Solusi dan Tips Pinjaman Tanpa Riba, Aman dan Gak Ribet

pinjaman tanpa riba--foto youtobe

DISWAY JATENG - Mengajukan kredit kepada bank memang bukan hal baru di masyarakat. Namun, banyak bentuk pinjaman dalam praktik perbankan.

Salah satunya adalah pinjaman tanpa riba yang diperuntukkan bagi umat Islam. Dibandingkan dengan kredit biasanya, wujud pinjaman berbasis syariah ini tidak memberlakukan bunga.

Tidak hanya tersedia dalam bentuk produk perbankan, kredit tanpa riba juga bisa diajukan lewat lembaga non bank syariah berbasis online. Pelaksanaannya diatur oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 yang menyatakan bahwa pinjaman bisa dilakukan dengan menerapkan akad perjanjian syariah.

Solusi Pinjaman Tanpa Riba

Kredit syariah bisa diajukan di berbagai lembaga pinjaman tanpa riba bersertifikat. Pada umumnya, bank atau layanan pinjaman online berbasis syariah memberikan pelayanan ini. Di samping dua pilihan tersebut, banyak opsi lain yang bisa dipertimbangkan sebagai solusi pinjaman tanpa riba di antaranya yaitu :

1. Menggadaikan Barang

BACA JUGA:Daftar 5 Aplikasi Pinjol Syariah Terbaik Resmi OJK, Pinjaman Tanpa Riba dan Bunga 0%!

Untuk solusi pinjaman tanpa riba ini yaitu gadaikan barang sebagai jaminan kredit. Tidak ada keuntungan atau bunga yang berlipat ganda maupun bagi hasil dari transaksi ini. Sebagai gantinya, kalian harus membayarkan upah pemeliharaan atas barang yang digadaikan kepada pihak pegadaian.

2. Menggunakan Kartu Kredit Syariah

Alih-alih mengajukan pinjaman, kalian bisa menggunakan layanan kartu kredit syariah untuk melakukan pembayaran secara langsung. Sistem kredit produk perbankan syariah ini tidak dikenai bunga sehingga cocok digunakan bagi umat Islam.

Penggunaan kartu kredit syariah sudah diberlakukan sejak tahun 2006 di Indonesia. Peredarannya diatur oleh MUI dengan ketentuan DSN-MUI No. 54/DSN-MUI/X/2006 tentang kartu kredit syariah.

Pengguna kartu kredit syariah diminta membayar iuran anggota sebagai ganti dari pembayaran bunga pinjaman. Besarnya iuran biasanya berbeda-beda tergantung dari bank yang merilis produk tersebut.

3. Meminjam Uang Langsung dari Orang Terdekat

Daripada melakukan pengajuan kredit konvensional, kalian bisa meminjam uang dari orang terdekat. Hal ini bisa menjadi solusi pinjaman tanpa riba yang efektif dan efisien. Tentu saaja sebelum meminta pinjaman kalian harus mengutarakan maksud peminjaman dengan jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: