Adakan Unit Layanan Kemasan Produk di Kabupaten Tegal

Adakan Unit Layanan Kemasan Produk di Kabupaten Tegal

SIMBOLIS - Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan bantuan kemasan secara simbolis.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya meningkatkan daya saing produk UMKM. Khususnya pengemasan produk dengan tampilan lebih menarik  sekaligus mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Berhasil diwujudkan oleh Kementerian Perdagangan. Hal tersebut diwujudkan  melalui peluncuran Unit Layanan Kemasan produk (ULKP) yang langsung dilakukan Bupati Tegal Umi Azizah jelang berakhir masa jabatannya.

"Kehadiran  jajaran Kementrian Perdagangan merupakan wujud dukungan pemerintah pusat dalam memberdayakan UMKM. Yang secara nasional menyerap 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 67 persen produk domestik bruto. Sehingga boleh dikatakan UMKM merupakan saka guru ekonomi dan sosial," ujar Bupati Tegal Umi Azizah.

BACA JUGA:Polres Pemalang Sita Puluhan Knalpot Brong

UMKM di Kabupaten Tegal berdasarkan hasil pendataan ada 117.265 unit usaha. Mereka juga menyediakan lapangan kerja dan peluang wirausaha bagi generasi muda. 

“Kami juga memiliki program wirausaha pemuda yang tahun ini sudah masuk chapter kelima untuk menumbuhkan minat anak-anak muda berwirausaha. Sehingga kami memandang UMKM turut menentukan kondusivitas situasi sosial bahkan ketahanan ekonomi daerah," cetusnya.

BACA JUGA:Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang Rapat Kerja Bahas Evaluasi Kegiatan

Pemberdayaan sektor UMKM ini juga dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan. Seiring dengan perkembangan pesat teknologi internet, teknologi finansial di era ekonomi digital yang telah merevolusi cara beroperasi dan bersaing di dunia bisnis. Dimana pemasaran produk sudah tidak terbatas pada pasar lokal, tetapi juga menjangkau seluruh penjuru dunia.  

“Di media sosial bahkan, UMKM dapat memperlihatkan seluruh potensi dan keunggulan produk atau jasa yang dimilikinya kepada dunia, tanpa henti, sepanjang hari, dan tidak memerlukan toko," ungkapnya.

BACA JUGA:Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Miliki Ruang Monitoring Center

Salah satu faktor yang menentukan daya saing UMKM ini adalah soal kemasan, selain branding. Kemasan yang baik dapat meningkatkan nilai jual produk UMKM. Kemasan yang menarik dan informatif dapat menarik minat konsumen untuk membeli. 

"Sehingga kehadiran ULKP ini akan dapat membantu UMKM dalam mendesain kemasan produknya, mencetak kemasan, hingga memberikan pelatihan dan pendampingan terkait kemasan," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: