5 Kuliner Khas Cirebon dengan Citarasa yang Menggugah Selera, Harga Ramah Dikantong!

5 Kuliner Khas Cirebon dengan Citarasa yang Menggugah Selera, Harga Ramah Dikantong!

kuliner khas cirebon --tangkapan layar instagram @taufiknatasubrata

DISWAY JATENG- Liburan ke jawa barat sangat tidak afdol jika tidak melipir ke kuliner khas cirebon untuk mencicipi berbagai makanannya.

Pasalnya kota ini menawarkan banyak destinasi liburannya untuk mengisi akhir pekan, selain itu kuliner khas cirebon juga bisa ditemukan di berbagai sudut kota pastinya dengan citarasa yang menggugah selera dan harga yang ramah dikantong. 

Kuliner khas cirebon ini wajib kamu cicipi bersama keluarga tercinta ketika berkunjung kesini, selain makanan berat disini juga banyak menawarkan camilan dan kudapan yang beraneka macam.

Artikel ini akan membahas deretan kuliner khas cirebon yang wajib dicicipi ketik berkunjung kesini, yuk simak terus ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:Nongkrong Seru di Kafe Pinggir Pantai Jogja, Menyantap Kuliner dengan Suguhan Hamparan Laut

1. Nasi Jamblang

Jika berkunjung ke kota ini kamu wajib menikmati kuliner khas cirebon yang memiliki nama nasi jamblang, nasi jamblang merupakan makanan yang sudah ada dari zaman dahulu yakni masanya Hindia-Belanda. Nasi jamblang ini berbahan dasar nasi putih yang dipadukan dengan lauk yang beragam seperti sambal goreng cabai merah, tempe goreng, blakutak, sate kerang, semur daging sapi dan hati sapi goring kemudian dibungkus menggunakan daun jati. Kamu juga dapat memilih lauk sesuai selera karena nasi jamblang ini menggunakan metode parasmanan, untuk dapat menikmati makanan yang satu ini kamu dapat mampir ke rumah makan Mang Dul, Bu Nur, Nasi Jamblang Pelabuhan dan Nasi Jamblang Fitri. Dijamin memiliki citarasa yang menggugah selera dengan harga yang ramah dikantong.

2. Tape Ketan Bakung 

Selain makanan beratnya camilan di kota ini beraneka ragam dengan rasa yang menggoda, salah satunya adalah tape ketan bakung. Jika kamu liburan kesini kamu wajib menikmati kuliner khas cirebon ini, rasanya juga sangat khas tidak akan menimbulkan efek mabuk walaupun dimakan banyak. Selain itu tape ketan ini juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk orang dirumah, kamu dapat menemukan tape ketan ini di Desa Bakung, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

3. Empal Gentong H Apud

Empal gentong h apud merupakan rumah makan yang telah berdiri sejak 1994, pasalnya kota ini terkenal dengan makanan berkuah yang dimasak di dalam gentong, periuk besar yang berasal dari tanah liat yakni dinamakan empal gentong. Empal gentong h apud ini menawarkan berbagai menu seperti empal gentong, empal asem, nasi lengko hingga sate kambing. Menu yang ada disini memiliki citarasa yang enak dan lezat, tidak heran jika rumah makan ini selalu ramai disinggahi orang-orang dari berbagai daerah. Selain itu tempatnya juga juga sangat nyaman yakni memiliki ruangan yang tergolong cukup luas, cocok untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

4. Desa Wisata Trusmi

Liburan kesini akan sangat mengasikan, disini kamu akan disuguhkan dengan banyaknya batik trusmi. Selain itu disini juga tersajikan makanan ringan khas Cirebon yang menggiurkan untuk dibeli, seperti kerupuk kulit ikan hingga makanan dengan citarasa enak lainnya yang berasal dari wilayah Kabupaten Cirebon. Cocok dijadikan buah tangan untuk orang dirumah.

5. Tongseng Khas Cirebon 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: