10 Makanan Khas Batang yang Menggugah Selera dan Bikin Nagih, Nomor 6 Paling Dicari!

10 Makanan Khas Batang yang Menggugah Selera dan Bikin Nagih, Nomor 6 Paling Dicari!

makanan khas batang--foto theasianparent

DISWAY JATENG - Kota Batang merupakah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kota yang berada di lintasan jalan Anyer - Panarukan atau yang akrab dikenal dengan nama Jalur Pantura.

Sudah bukan rahasia lagi, jalur lintasan Anyer-Panarukan diramaikan dengan gerai - gerai yang menjual aneka makanan khas Batang.  Kira-kira apa aja sih makanan khas batang yang paling legit? Yuk, simak ulasannya!

Berikut Beberapa Rekomendasi Makanan Khas Batang yang Lezat :

1. Gethuk Iris

Berbahan dasar dari singkong, gethuk iris menjadi cemilan khas yang sangat disukai. Olahan singkong memberikan cita rasa yang membuat nagih. Gethuk iris sendiri merupakan singkong yang ditumbuk halus sampai kenyal kemudian ditaburi parutan kelapa yang sudah dibakar. 

2. Nasi Megono

Nasi Megono merupakan kuliner khas Batang namun berasal dari Kota Pekalongan. Satu porsi hidangan ini sudah bisa membuat perutmu kenyang karena nasi dan variasi menu lauk pauk yang lengkap dan mencukupi. Nasi megono biasanya disajikan dengan tempe mendoan dan potongan kecil nangka muda serta ditaburkan dengan parutan kelapa di atasnya. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Cafe di Batang yang Hits dan Keren, Cocok Buat Nongki-Nongki!

3. Soto Tauto Khas Batang

Soto Tauto sebagai makanan ikonik Batang menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa dinikmati. Isian dari soto ini sendiri berupa sayur-sayuran seperti daun bawang, kol, dan juga soun sebagai pelengkap. Kuah soto yang kental dan medog membuat cita rasa soto ini semakin legit. 

4. Gethuk Mawur

Masih berbahan dasar singkong, gethuk mawur sedikit mirip dengan gethuk iris. Perbedaan dari kedua gethuk ini adalah cara pengolahannya. Jika gethuk iris ditumbuk sampai halus, gethuk mawur ditumbuk sampai membentuk butiran-butiran yang kecil. Hidangan ini tentunya juga tak kalah enak dari cemilan tradisonal yang lain.

5. Sotong Ireng

Makanan khas Batang yang satu ini adalah sotong ireng. Kabupaten Batang merupakan kota yang terbentang dari Anyer sampai Panarukan, sehingga tak heran wilayah ini didominasi oleh pesisiran laut yang kerap menghasilkan berbagai olahan daging hewan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: