Menikmati Malam Tahun Baru di Dataran Tinggi Dieng: Berikut 6 Keseruan Saat Kamu Berada di Dieng

Menikmati Malam Tahun Baru di Dataran Tinggi Dieng: Berikut 6 Keseruan Saat Kamu Berada di Dieng

Camping Dieng Wonosobo-Tribun Banyumas-

DISWAYJATENG - Menjelang pergantian tahun, liburan tentu menjadi momentum yang sangat dinantikan bagi banyak orang.

Setelah melalui hari dengan kepenatan dari aktivitas sehari-hari, maka berlibur adalah salah satu healing yang tepat. Namun, apakah kamu sudah memiliki destinasi utama untuk menghabiskan waktu liburan di penghujung tahun ini?

Menghabiskan malam tahun baru di dataran tinggi Dieng bisa menjadi pilihan yang seru dan berkesan.

Dieng, yang terletak di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, menawarkan pengalaman liburan yang unik.

Dieng tentu menjadi destinasi utama bagi para wisatawan, suasana yang sejuk dan asri menarik banyak orang untuk mengunjunginya.

BACA JUGA: Eksotikanya 5 Destinasi Wisata Dieng, Surga di Atas Awan Puncaknya Jawa Tengah

 

Sekeliling Dieng, terdapat kawah-kawah dan balutan awan yang terasa sangat dekat, apalagi saat pagi hari. Maka tak jarang orang menyebut Dieng dengan sebutan negeri di atas awan. Saat ini, Dieng menjadi destinasi yang populer di Jawa Tengah.

1. Wisata Alam di Dataran Tinggi Dieng

Dengan keindahan perbukitan, gunung, dan telaga, Dieng memiliki sejumlah wisata alam yang memukau. Beberapa destinasi populer di antaranya adalah:

  • Bukit Sikunir: Menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau.
  • Telaga Warna dan Telaga Pengilon: Dua telaga indah dengan air berwarna-warni.
  • Kawah Sikidang: Kawah dengan aktivitas belerang yang menarik.

2. Kunjungi Situs Budaya dan Sejarah

Di samping pesona alamnya, Dieng juga kaya akan situs budaya dan sejarah. Salah satu yang terkenal adalah Candi Arjuna, kompleks candi terluas di Dieng.

Dikelilingi dengan lima bangunan candi yang begitu megah, menjadikan destinasi wisata Dieng ini memiliki nilai sejarah dan nilai estetika yang tinggi.

BACA JUGA: Berwisata Menyusuri Kawah Sikidang Dieng yang Ciamik dan Banyak Spot Menarik

3. Menikmati Malam Tahun Baru di Homestay

Saat malam tahun baru, banyak wisatawan memilih untuk menginap di homestay untuk menikmati suasana yang tenang dan hawa dingin pegunungan.

Acara santai bersama keluarga atau teman-teman seringkali menjadi pilihan utama. Meskipun tidak ada perayaan khusus di Dieng untuk malam tahun baru, berburu kuliner khas Dieng, seperti mi ongklok, bisa menjadi kegiatan seru.

4. Camping di Alam Terbuka

Bagi yang ingin merasakan suasana alam yang lebih mendalam, camping bisa menjadi alternatif yang menyenangkan dan hemat budget.

Beberapa spot camping favorit di Dieng termasuk Bukit Scooter, tepi Telaga Dringo, Telaga Cebong, dan Bukit Sikunir.

Malam tahun baru di bawah bintang-bintang sembari berkumpul di sekitar api unggun tentu menjadi kenangan tak terlupakan.

BACA JUGA: Jangan Bersiul! Inilah 4 Sejarah dan Mitos di Dieng yang Harus Kamu Tahu

5. Pendakian Gunung di Dataran Tinggi Dieng

Dikelilingi oleh sejumlah gunung, Dieng juga menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas pendakian. Beberapa gunung di sekitar Dieng yang bisa dijelajahi antara lain Gunung Prau, Gunung Bismo, dan Gunung Sindoro.

Merayakan pergantian tahun dari puncak gunung tentu memberikan pengalaman yang sangat berbeda. Setelah turun dari puncak, Anda dapat menikmati destinasi wisata lainnya di kawasan Dieng.

6. Berendam di Pemandian Air Panas

Setelah menjalani aktivitas yang padat, berendam di pemandian air panas bisa menjadi cara yang sempurna untuk bersantai.

Beberapa tempat pemandian air panas di Dieng yang bisa dikunjungi antara lain D’Qiano Spring Waterpark dan Pemandian Air Hangat Segar Asri.

Kesimpulan

Malam tahun baru di dataran tinggi Dieng menawarkan berbagai pilihan aktivitas seru, mulai dari menikmati keindahan alam hingga merayakan di homestay atau berkemah di alam terbuka. Bagi para pencinta petualangan dan alam, Dieng menyuguhkan pengalaman yang tak terlupakan.

BACA JUGA: Keunikan Destinasi Wisata Alam di Dieng dengan Spot Foto Instagramable, sangat Menakjubkan!

Nah,  jika Anda mencari alternatif untuk menyambut tahun baru dengan suasana yang berbeda, Dieng bisa menjadi destinasi yang tepat. Selamat menyambut tahun baru dengan penuh keceriaan dan hal yang menyenangkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: