Mengenal Jenis Kredit Bank untuk Usaha dan Berdasarkan Kebutuhan yang Harus Kalian Pahami

Mengenal Jenis Kredit Bank untuk Usaha dan Berdasarkan Kebutuhan yang Harus Kalian Pahami

jenis kredit bank--foto hukumonline

DISWAY JATENG - Kredit Bank merupakan kalimat yang telah umum didengar. Biasanya, kredit bank digunakan seseorang untuk mendapatkan modal demi mengembangkan usaha.

Pinjaman bank atau kredit bank tentu membantu bagi yang benar-benar sedang membutuhkannya. Banyak produk-produk perbankan nasional yang menawarkan fasilitas pinjaman untuk memulai atau mengembangkan usaha.

Kredit bank terbagi ke dalam beberapa pengelompokan. Selain untuk usaha atau bisnis, kredit bank juga dikelompokkan ke dalam beberapa kategori lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh tujuan, waktu, hingga sektor perekonomian.

Jenis kredit bank untuk usaha

1. Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi

BACA JUGA:Ketahui 9 Keunggulan Bank Syariah dengan Menerapkan Prinsip Keadilan dan Bebas Riba

Ada pula Kredit Modal Kerja yang ditujukan bagi nasabah yang hendak meningkatkan produksi dalam operasional bisnis. Sementara itu, kredit investasi lebih diarahkan bagi nasabah yang membutuhkan pendanaan untuk pengadaan barang modal jangka panjang.

Nasabah yang mengajukan kredit modal usaha dan kredit investasi ini biasanya mengajukan pinjaman sesuai skala usaha. Nantinya, bank akan melakukan survei dan menentukan skala usaha nasabah tersebut masuk kategori mikro, ritel atau korporasi.

Kredit mikro umumnya dimanfaatkan oleh pengusaha dengan modal kecil, seperti pedagang pasar. Kredit ritel biasanya dimanfaatkan oleh pelaku skala usaha kecil menengah (UKM). Sedangkan kredit korporasi diperuntukkan perusahaan berskala besar.

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagi para pengusaha perorangan atau sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ada beberapa fasilitas kredit yang bisa dimanfaatkan, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR).

BACA JUGA: 6 Cara Lolos Survey KUR BRI 2023 Agar Pengajuan Cepat Disetujui, Nomor 2 Jangan Sampai Diabaikan

Kini persyaratannya makin dipermudah oleh pemerintah, tetapi hanya beberapa bank saja yang mendapat lampu hijau dari pemerintah untuk menyalurkan KUR tanpa agunan.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: