Karawitan Sangga Laras SD Negeri 01 Penggarit Kabupaten Pemalang Tampil di OW Benowo Park

Karawitan Sangga Laras SD Negeri 01 Penggarit Kabupaten Pemalang Tampil di OW Benowo Park

MENGHIBUR - Karawitan Sanga Laras SD Negeri 1 Penggarit Kecamatan tampil di Obyek Wisata Benowo Park Desa Penggarit sangat menghibur pengunjung.Foto:Agus Pratikno/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Karawitan Sangga Laras SD Negeri 01 Penggarit, Kecamatan Taman tampil di Obyek Wisata Benowo Park Desa Penggarit, kemarin. Penampilan mereka hasil pembinaan dan latihan yang terus dilakukan oleh guru-guru pembinanya untuk menanamkan kecintaannya terhadap kesenian Jawa di Kabupaten Pemalang.

Pembina Karawitan Sangga Laras SD Negeri 01 Penggarit Eko Budiarto didampingi Sruntul Seniman Karawitan mengatakan, penampilan karawitan SD Negeri 01 Penggarit di Obyek Wisata Benowo Park Desa Penggarit ini hasil binaan selama satu semester di sekolah. Kelompok karawitan ini, merupakan generasi lanjutan siswa-siswi sebelumnya, yang sekarang sudah lulus sekolah.

BACA JUGA:Turnamen Krida Cup Jawa Tengah 2023, PSHT Cabang Tegal Raih 11 Medali

Eko Budiarto selaku guru pembina, dalam memotivasi dan memberikan pembinaan kepada anak didiknya untuk berkesenian karawitan itu, agar nanti  mencintai kebudayaan Jawa. 

"Sekaligus nantinya untuk ikut menjaga dan melestarikan kesenian dan budaya adi luhung,"katanya.

Membangun kesenian karawitan di sekolahnya, meskipun sulit, namun berkat semangat dan keinginan yang kuat dari anak didiknya, akhirnya berhasil. Buktinya sudah bisa tampil untuk menghibur warga masyarakat. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Serah Terima Simbol Tonting YWPJ

""Meskipun awalnya, sedikit mengalami kesulitan, namun berkat semangat dan motivasi yang kuat. Akhirnya sudah bisa memainkan alat musik gamelan dan berjalan sendiri, dengan arahan-arahan yang diberikan,"ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: