Kenali 8 Jenis Jasa Perbankan yang Bisa Dinikmati oleh Seluruh Nasabah

Kenali 8 Jenis Jasa Perbankan yang Bisa Dinikmati oleh Seluruh Nasabah

jasa perbankan--foto mataran training

Hal yang paling mudah untuk mengenali jasa perbankan ini adalah melalui contoh-contohnya, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA), dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). 

Jenis kredit ini biasanya ditujukan untuk memenuhi keperluan atau kebutuhan pribadi nasabah. Misalnya, untuk tempat tinggal atau alat transportasi. Namun, ada juga jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan kredit lainnya untuk pembelian kebutuhan pribadi dengan kartu kredit. 

  • Kredit Modal Usaha 

Bank tidak hanya memberikan kredit usaha untuk perusahaan besar, tetapi sejumlah bank juga memberikan pendanaan khusus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tentunya terdapat perbedaan kategori pendanaan untuk perusahaan dan UMKM dan tiap bank biasanya mempunyai kebijakan bunga kredit tersendiri.

4. Jasa Perbankan Pengiriman Dana

Transfer uang lewat aplikasi mobile banking, internet banking, atau ATM dalam negeri merupakan jenis jasa perbankan umum. Namun, tidak hanya dalam negeri, bank tertentu pun memiliki layanan pengiriman uang ke luar negeri atau menerima pengiriman uang dari luar negeri. 

5. Giro

Giro adalah jasa perbankan simpanan, bisa dilakukan oleh individu atau badan usaha dengan warkat cek atau bilyet giro.

Penarikan dana dalam giro bisa dilakukan di berbagai bank terkait. Biasanya, giro bisa berbentuk cek yang berfungsi untuk menggantikan uang tunai dan dapat dicairkan di bank. Namun, giro juga bisa berbentuk bilyet giro yang bisa dicairkan nontunai lewat pemindahbukuan rekening sesuai waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ada perhatian khusus jika kalian memilih jasa perbankan ini, di antaranya kalian perlu memeriksa semua data dalam cek atau bilyet giro, memastikan dana di bank tersedia cukup, dan menyimpan dengan hati-hati cek atau bilyet gironya.

6. Tabungan

Kalian pasti sudah awam dengan jasa yang satu ini. Kita tinggal datang ke bank, membuka rekening, dan mulai bisa menabung. Bahkan, cara menabung di bank kini pun makin gampang berkat bank-bank yang menawarkan fasilitas rekening digital yang bisa dibuka melalui aplikasi dan bisa diakses hanya lewat ponsel.

7. Letter of Credit

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Bank Syariah Tanpa Jaminan dan Bebas Riba, Ketahui Manfaatnya!

Dokumen Letter of Credit (L/C) adalah hal yang cukup esensial ketika suatu perusahaan melakukan aktivitas ekspor-impor. Surat kredit berdokumen, surat kredit, atau (L/C) ini adalah jasa perbankan yang berperan sebagai perantara antara pengekspor (eksportir) dan pengimpor (importir). 

8. Travelers Cheque

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: