Butuh Dana Cepat? Inilah 4 Tips Agar Pengajuan Pinjaman Disetujui oleh Bank, Mudah dan Aman!

Butuh Dana Cepat? Inilah 4 Tips Agar Pengajuan Pinjaman Disetujui oleh Bank, Mudah dan Aman!

pinjaman agar di setujui oleh bank--foto investbro.id

DISWAY JATENG - Memiliki usaha atau bisnis adalah impian hampir setiap orang. Selain menjadi kebanggan karena berhasil membangun dari hasil keringat sendiri, waktu kerja yang tidak terbentur rutinitas juga menjadi alasan. Namun begitu, tidak semua hal bisa berjalan mulus, banyak faktor yang menyebabkan orang gagal membangun bisnisnya sendiri.

Bagi kebanyakan orang yang hendak memulai bisnisnya, keluhan karena ketiadaan dana atau modal sangat mudah dijumpai. Ketika ide usaha sudah terlintas di kepala, keinginan itu terpaksa dikubur kembali lantaran modal yang tidak mencukupi. Apakah salah? Tidak sepenuhnya, namun juga tidak seharusnya modal selalu dijadikan alasan. Sekarang, banyak sumber pinjaman dana yang bisa diakses dengan mudah seperti, bank dan koperasi. Bahkan, banyak bank yang menawarkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Cara agar pinjaman disetujui Bank

Lalu bagaimana caranya agar pinjaman dana yang kita ajukan bisa cepat disetujui oleh Bank? Berikut adalah cara yang bisa dilakukan, antara lain :

BACA JUGA:Cara dan Syarat Ajukan Pinjaman BRIguna lewat BRImo, Plafon Hingga Rp500 Juta Cuma Modal HP

1. Mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan

Pihak bank tentunya tidak akan mau mengambil risiko memberikan pinjaman dana kepada nasabah jika dinilai tidak sanggup untuk melunasinya. Misal, jika hanya memiliki penghasilan Rp.5 juta setiap bulannya, namun saat mengajukan pinjaman dana, kalian mengajukan pinjaman senilai Rp.500 juta untuk modal berbisnis. Melihat penghasilan yang hanya Rp.5 juta rasanya bank sulit memberikan pinjaman dana yang kalian ajukan, karena kemungkinan besar kalian akan sulit untuk membayar angsurannya.

Singkatnya, pihak bank memiliki beberapa kriteria dan syarat tertentu dalam hal manajemen risiko terkait pinjaman yang diberikan kepada debitur sesuai kemampuannya. Jadi sebisa mungkin ajukan pinjaman dana sesuai dengan kemampuan kalian untuk membayarnya.

2. Memastikan skor kredit bagus

Untuk melakukan pinjaman agar disetujui oleh Bank, hal lain yang perlu dilakukan adalah memastikan skor kredit yang kalian punyai bagus. Skor kredit adalah riwayat pinjaman atau kredit yang pernah kalian miliki. Mulai dari kredit rumah, kendaraan, maupun barang-barang elektronik. Pada skor kredit, pihak bank akan melihat bagaimana kemampuan kalian dalam membayar pinjaman atau cicilan. Jika dianggap memiliki skor kredit yang bagus, pihak bank tentu akan mempertimbangkan untuk diberikan pinjaman. Sebaliknya, jika skor kredit kalian buruk, pihak bank tentunya tidak akan mengambil risiko memberikan pinjaman karena mempunyai riwayat pembayaran kredit atau cicilan yang buruk.

3. Tentukan tenor pinjaman

Selanjutnya, cara agar pinjaman dana bisa disetujui bank adalah dengan menentukan tenor pinjaman. Apa itu tenor? Tenor adalah jangka waktu pinjaman yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan antara debitur dan kreditur, dan dalam jangka waktu tersebut kalian harus membayar angsuran pinjamannya setiap bulan.

Semakin lama tenor pinjaman yang dipilih, maka semakin ringan cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Namun, risiko yang diperoleh dari memilih lama tenor pinjaman, bunga yang ditanggung akan lebih besar. Sebaliknya, makin singkat tenor pinjamannya, beban bunga yang dibayarkan menjadi lebih sedikit.

BACA JUGA:Butuh Dana Mendesak? Inilah Daftar Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan, Dijamin Aman dan Langsung Cair!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: