Mencicipi Kuliner di Pasar Gede, Mulai Dari Legendaris Sampai Modern Ada Semua!

Mencicipi Kuliner di Pasar Gede, Mulai Dari Legendaris Sampai Modern Ada Semua!

kuliner di pasar gede--tangkapan layar instagram @carikulinersolo @es_gempolpleret_yumami

DISWAY JATENG- Kuliner di pasar gede, Kota solo sangat terkenal dengan wisatanya yang beragam, tidak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota yakni bertujuan untuk mengisi liburan.

Liburan akan semakin lengkap jika berkunjung ke suatu tempat sembari menikmati makanannya, salah satunya adalah kuliner di pasar gede.

Pasalnya kuliner di pasar gede menawarkan beragam jenis makanan dan minuman dengan citarasa yang menggugah selera, selain itu harga yang dimilikinya juga tergolong rama dikantong.  

Artikel ini akan membahas deretan kuliner di pasar gede yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke solo, apa sajakah itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini sampai selesai.

BACA JUGA:7 Kuliner Khas Magelang yang Bikin Ngiler, Pecinta Kuliner Cepetan Merapat!

1. Lenjongan Bu Sum

Kuliner di pasar gede juga menyediakan makanan tradisional zaman dahulu, untuk kamu yang kangen jajanan dahulu maka wajib membeli disini. Lenjongan bu sum menjual camilan diantaranya gendar, klepon, sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenil, ketan hitam, ketan putih, jagung/grontol, kemudian ditaburi parutan kelapa dan gula merah yang sudah dicairkan.

2. Cabuk Rambak

Kuliner di pasar gede ini merupakan makanan yang terbilang legendaris, yakni berisian gendar serta rambak yang dituang dengan saus wijen. Harganya yang murah membuat makanan ini selalu ramai dibeli orang-orang yakni hanya Rp 5000.

3. Es Gempol Pleret

Jika cuaca sedang panas maka kamu wajib menikmati minuman es gempol pleret, namanya sangat unik jika didengar. Walaupun memiliki nama yang unik namun rasa yang dimilikinya sangat enak dan menyegarkan tenggorokan, gempol pleret ini berasal dari olahan dengan berbahan dasar tepung beras yang memiliki bentuk bulat putih serta rasanya yang gurih. Sementara untuk pleret berbentuk panjang pipih dengan rasa yang manis karena dipadukan campuran gula jawa, untuk harga dari es ini dibanderol hanya Rp 5000 saja.  

4. Dimsum UmaYumCha

Kamu dapat mencicipi dimsum umayumcha yang ditawarkan disini, walaupun dimsum dapat ditemukan di berbagai daerah namun untuk dimsum yang ada disini memiliki rasa yang khas dan lezat. Dimsum umayumcha dapat ditemukan di lantai dua pasar ini, dengan beberapa varian menu yakni Siomay ayam dan Ceker kaki naga. Harga yang dimilikinya juga sangat murah, yakni Rp 3000/pcs.

5. Wedang Tahok Pak Citro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: