Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN

Pemkab Tegal Raih Dua Penghargaan Meritokrasi KASN

PENGHARGAAN - Bupati Tegal Umi Azizah saat menerima penghargaan bidang reformasi birokrasi dari Ketua KASN Prof Agus Pramusinto.Foto:Yeri Noveli/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, YOGYAKARTAPemkab Tegal berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk kategori sistem merit dengan predikat baik dan manajemen talenta pada pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan predikat sangat baik.

Bupati Tegal Umi Azizah hadir secara langsung menerima penghargaan bergengsi bidang reformasi birokrasi ini pada Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan di Hotel Pakuwon, Yogyakarta.

BACA JUGA:3 Warung Ponggol Jati Terlaris, Kuliner Legendaris Khas Tegal yang Unik

Dalam kesempatan itu, KASN memberikan penghargaan kepada 34 instansi pemerintah yang berhasil meraih kategori sistem merit sangat baik dan 96 instansi pemerintah yang masuk kategori baik.

Selain itu, juga terdapat 13 instansi pemerintah yang mendapatkan apresiasi karena keberhasilannya menerapkan manajemen talenta pada pengisian kursi JPT.

Ketua KASN Prof Agus Pramusinto mengatakan pelaksanaan Anugerah Meritokrasi ini merupakan wujud keteguhan KASN dalam mengawal pengawasan penerapan sistem merit di tengah masa transisi.

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 FE, HP Flagship Harga Ekonomis dengan Fitur yang Komplet

Pengesahan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara telah mengubah sistem manajemen ASN secara substansial.

“Penting bagi kita untuk memastikan bahwa perubahan ini mendukung penguatan, bukan pelemahan sistem merit. Perubahan ini termasuk mengalihkan fungsi pengawasan sistem merit dari KASN ke instansi lain,” kata Agus.

Kendati demikian, pihaknya akan terus mendorong keberadaan fungsi pengawasan sistem merit yang efektif di masa depan untuk menjaga keberlanjutan meritokrasi.

BACA JUGA:5 Keistimewaan Pantai Goa Cemara Yogyakarta, Destinasi yang Cocok untuk Healing Libur Akhir Tahun

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat sangat baik dan baik dalam mengimplementasikan sistem merit.

“Setiap instansi pemerintah harus bisa memastikan sistem meritnya berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yang ada dan melalui digitalisasi, terutama untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional,” ujarnya.

BACA JUGA:Eksplorasi Seru di Tangkuban Perahu, Pesona Alam dengan Aktivitas Kawah Gunung Berapi Aktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: