Ketahui Perbedaan E-Wallet dengan E-Money, Jangan Sampai Keliru!

Ketahui Perbedaan E-Wallet dengan E-Money, Jangan Sampai Keliru!

perbedaan e-wallet dan e-money--foto oy! indonesia

Namun, pengisian saldo untuk dompet digital bisa dibilang lebih beragam karena biasanya ia tidak terikat pada satu bank tertentu. Sementara itu, mayoritas e-money di Indonesia diterbitkan oleh lembaga bank. Hal ini membuat para pengguna hanya dapat melakukan pengisian saldo melalui bank penerbit e-money tersebut.

5. Kegunaan

Terkait faktor kegunaan, baik e-wallet dan e-money sama-sama memiliki daya tarik tersendiri. Untuk e-wallet, awalnya ia memang dihadirkan untuk fokus pada transaksi online, sehingga segmentasinya pun saat itu cenderung ditujukan bagi para penikmat online shopping. Tapi sekarang, transaksi dengan dompet digital sudah bisa dilakukan di berbagai merchant offline berkat adanya teknologi scan kode QR. Alhasil, jangkauan penggunaan dompet digital pun semakin melebar.

Namun, memang pengguna harus mengunduh aplikasi khusus untuk bisa menggunakan dompet digital. Di satu sisi, hal ini mengurangi aksesibilitas dompet digital karena belum semua orang memiliki smartphone yang dapat memfasilitasi hal tersebut. Sedangkan di sisi lain, hal tersebut juga menambah nilai efisiensi karena pengguna hanya perlu membuka smartphone untuk menggunakan dompet digital, tanpa perlu tambahan media lain seperti kartu.

BACA JUGA:Cara Mudah Pinjam Uang E-Wallet DANA Tanpa KTP, Praktis dan Langsung Cair!

Sementara itu, e-money hadir dalam bentuk kartu berbasis chip, sehingga pengguna harus menyiapkan ruang tambahan untuk menyimpannya dengan aman. E-money bisa digunakan di berbagai tempat yang memiliki mesin pembaca khusus, seperti gerbang tol, parkir, hingga pembayaran transportasi umum.

Karena tidak membutuhkan aplikasi dan smartphone, aksesibilitas e-money dapat dibilang lebih tinggi daripada dompet digital. Pengguna bisa membeli kartu fisik e-money di supermarket atau merchant tertentu, kemudian langsung memakai saldo di dalamnya untuk melakukan berbagai transaksi. Terlebih, transaksi e-money juga tidak butuh koneksi internet sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

 

Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan e-wallet dengan e-money yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: