Murid SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Praktik Membuat Yoghurt

Murid SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Praktik Membuat Yoghurt

PRAKTIK IPA – Murid SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal mengikuti praktik pembuatan yoghurt di sekolah.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGALSMP Muhammadiyah 3 Kota TEGAL (SMP Muga) yang mengusung jargon Sekolah Kreatif Bernuansa Islami terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan terbaik. Salah satunya, dengan memberikan kesempatan siswa mempraktikkan pembuatan yoghurt atau susu fermentasi di sekolah yang berlokasi di Jalan Asem Tiga, Kelurahan Kraton, Kecamatan TEGAL Barat, Kota TEGAL itu.

Praktik pembuatan yoghurt yang dilangsungkan di Laboratorium IPA, Selasa, masuk dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang diikuti siswa Kelas 9 SMP Muga. “Kami ingin melatih keahlian siswa dalam membuat yoghurt. Dengan memiliki keahlian tersebut, dapat menjadi modal untuk berwirausaha,” kata Waka Kesiswaan SMP Muga Cuci Mugiana SPd.

BACA JUGA:Keamanan Pangan di Kota Tegal Dipantau Jelang Natal dan Tahun Baru

Praktik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dijalani siswa didampingi Guru IPA Septian Imam Wahyudi SPd dan juga dibantu Robi Sudiana SPd. Siswa tampak antusias mengikuti praktik pembuatan yoghurt dengan peralatan kompor gas, teflon, sendok, gelas ukur, baskom, dan kain lap. Bahan yang disiapkan yaitu susu sapi murni dan bibit yoghurt.

Siswa memasukkan susu sapi murni ke dalam gelas ukur lalu menuangkannya ke dalam teflon untuk direbus dengan api kecil hingga muncul buih sembari diaduk menggunakan sendok. Setelah muncul buih, api dimatikan dan dituangkan ke dalam baskom. Setelah itu, didinginkan dengan suhu ruangan dua puluh enam derajat celcius. 

BACA JUGA:Satlantas Polres Pemalang Gunakan ETLE Drone

“Jika sudah dingin, dua sendok makan bibit yoghurt dituangkan lalu diaduk dengan susu sapi murni tersebut,” ujar Guru IPA Septian Imam Wahyudi SPd usai mendampingi siswa. Setelah diaduk, lanjut Wahyudi, ditutup menggunakan kain dan dimasukkan ke dalam kardus agar suhu stabil dan dibiarkan selama dua puluh empat jam.

SMP Muga didukung dengan fasilitas masjid, pembelajaran multimedia, ruang komputer berpendingin udara, laboratorium, perpustakaan, sarana olahraga, dan kantin. Untuk mewadahi bakat siswa, menyelenggarakan ekstrakurikuler Tapak Suci, Hizbul Wathan, basket, tilawah, hadrah, dan panahan. SMP Muga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin bergabung.

BACA JUGA:Lansia di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Paling Banyak Terkena Hipertensi

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang I dibuka hingga Maret 2024. SMP Muga menyediakan beasiswa pendidikan dan tiga seragam gratis bagi pendaftar di Gelombang I. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: