Diteror dan Ditagih Pinjol Ilegal Padahal Tidak Pernah Meminjam, Jangan Panik Lakukan Langkah Ini!

Diteror dan Ditagih Pinjol Ilegal Padahal Tidak Pernah Meminjam, Jangan Panik Lakukan Langkah Ini!

Ditagih pinjol padahal tidak meminjam--foto kompas tv

DISWAY JATENG - Platform pinjaman online (pinjol) ilegal kian menjerat masyarakat dan mirisnya kebanyakan korban adalah rakyat kecil.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Arif Rachman, menyebut orang yang meminjam uang hanya sebesar Rp.5 juta di pinjol ilegal, dalam satu bulan bunganya bisa mencapai hingga Rp.80 juta.

"Saya masih klarifikasi (bunganya), itu tergantung kesepakatan mereka. Jadi ini masih variatif, tapi yang jelas bunganya per hari sangat fantastis," kata Arif yang mengetahui hal ini dari penyelidikan atas terungkapnya kasus pinjol ilegal yang diringkus di Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya itu, menurut Arif, cara penagihan yang dilakukan oleh para penagih pinjol juga penuh ancaman hingga membuat peminjam uang atau korban mengalami depresi.

Ada juga beberapa kasus, di mana seseorang ditagih oleh pinjol, tapi dirinya tidak merasa meminjam. Jika demikian, kemungkinan besar data pribadi kalian digunakan pinjol ilegal.

Jika data kalian digunakan sebagai close contact dari si peminjam, maka kemungkinan besar ada peminjam yang mendaftarkan nama kalian sebagai close contact.

BACA JUGA:8 Aplikasi Pinjol Terbaik yang Bisa Dicicil Bulanan serta Resmi OJK, Aman dan Terpercaya!

Jika demikian, Berikut cara di bawah ini yang harus segera kalian lakukan, antara lain :

1. Jelaskan kepada layanan pinjol terkait bahwa kalian merasa keberatan kalau nomor hapenya dipakai sebagai close contact.

2. Jangan hiraukan pesan atau telepon yang menginformasikan tagihan dari aplikasi pinjol ilegal.

3. Harus jeli untuk tidak menanggapi nomor yang mengirim pesan atau telepon secara terus-menerus.

Cek, Cermati, dan Cari Bukti

Jika data kalian digunakan sebagai peminjam, bisa jadi data pribadi kalian bocor dan digunakan oleh orang lain yang meminjam uang secara online. Berikut hal yang harus dilakukan :

1. Cek data pengguna dan pastikan kepada pinjol terkait bahwa kalian tidak pernah mengajukan pinjaman.

2. Cermati bukti bahwa kalian tidak pernah menerima dana dari aplikasi pinjol mana pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: