Antisipasi Kriminalitas, Terminal Dukuhsalam Kabupaten Tegal Dipasangi CCTV

Antisipasi  Kriminalitas, Terminal Dukuhsalam Kabupaten Tegal Dipasangi  CCTV

PANTAU - Kasi Angkutan dan Terminal Dishub mencermati kawasan terminal dari layar monitor CCTV.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mewujudkan  keamanan dan meminimalisir aksi kriminal di Terminal Dukuhsalam dilakukan Dinas Perhubungan. Melalui  bidang  angkutan  dan teknik sarana, kini sebanyak 8 kamera CCTV dipasang di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi  Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi menyatakan, pemasangan CCTV  di kawasan terminal juga sebagai implementasi  Peraturan Menteri Perhubuingan  Nomor 24/Tahun 2021 tentang penyelenggaraan terminal penumpang angkutan jalan. Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang serta pelaku usaha di terminal.

BACA JUGA:SD Negeri Panggung 4 kota Tegal Donasi untuk Palestina

"Jujur saja, sebelumnya beragam aksi kriminal sempat terjadi di Terminal Dukuhsalam. Mulai pencurian gerobak, pembobolan kios, hingga pencurian suku cadang bus dan helm pengunjung," ujarnya.

Luasnya terminal memberi celah pelaku kriminal  hingga areal terminal dijadikan  ruang untuk menelantarkan orang yang kehabisan bekal atau ongkos menuju tempat asal. Pemasangan CCTV ini merupakan fasilitas penunjang terminal yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan pelaksaan di terminal. Hal ini mengingat luasan  terminal Dukuhsalam yang semuanya tidak terkontriol atau  terawasi sepenuhnya oleh petugas," cetusnya. 

BACA JUGA:KKPD akan Diterapkan Penggunaannya di Kabupaten Pemalang

Dengan luasan Terminal Dukuhslaam, maksimal dibutuhkan 16 titik kamera CCTV, kini barui  bisa terpenuhi sebanyak 8 titik. Khusus menghadapi libur akhir tahun, sebanyak 43 armada bus bakal disiapkan sebagai angkutan umum menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru). Armada tersebut disiapkan dari Oto Bus Sinar Jaya, Dewi Sri, Dedi Jaya, Setia Negara dan Menara Dewantara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: