Pentas Dalang Cilik Meriahkan Hari Wayang Nasional di Kabupaten Pemalang

Pentas Dalang Cilik Meriahkan Hari Wayang Nasional di Kabupaten Pemalang

DALANG CILIK - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyerahkan tokoh lakon wayang kepada dalang cilik.Foto: Agus Pratikno/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG – Dua dalang cilik Krisna Agung Binatara dari SDN 01 Banyumudal dan Bima Sena dari SMPN 2 Comal meriahkan Hari Wayang Nasional (HWN)  di Kabupaten PEMALANG. Acara peringatan HWN  dilaksanakan di Halaman Gedung Serbaguna. Hadir Bupati PEMALANG Mansur Hidayat bersama istrinya Santi Rosalia Mansur selaku Ketua TP PKK Kabupaten PEMALANG dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten PEMALANG.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang mengucapkan selamat Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 November 2023. Menurutnya, meskipun peringatan hari wayang nasional telah berlalu, namun tetep semangat untuk menguri-uri budaya nasional bangsa. Yaitu dengan menggelar wayang kulit dan wayang golek yang menjadi warisan dunia tak benda.

BACA JUGA:Mahasiswa STIT Pemalang Ikuti Penerima Tamu Racana

Mansur dalam kesempatan itu berpesan kepada yang hadir khususnya bagi anak-anak yang masih sekolah agar menjadi generasi penerus dari perwayangan di Indonesia maupun di Kabupaten Pemalang. Serta mengajak kepada masyarakat untuk terus melestarikan dan menguri-uri budaya Indonesia.

“Ayo uri-uri dan lestarikan budaya asli bangsa indonesia yaitu wayang,”katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang Supa’at menjelaskan bahwa pertunjukan wayang kulit merupakan penggabungan dari sastra, seni karawitan dan seni rupa.

Pertunjukan wayang kulit pada umumnya membawakan cerita ramayana atau mahabarata.  Dimana dalam lakon menceritakan banyak mengajarkan budi pekerti luhur, saling mencintai dan menghormati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: