5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Nomor 4 Mencegah dan Mengobati Diabetes

5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Nomor 4 Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat daun kenikir bagi kesehatan-Tangkapan layar watyutink.com-

Terdapat suatu kajian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang dapat membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

BACA JUGA:Luar Biasa! Kementerian Kesehatan Visitasi Pembukaan Program Studi Kedokteran UPS Tegal

4. Mencegah dan mengobati diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal yaitu mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh sebab insulin tidak bisa bekerja dengan efektif.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun bisa terkendali.

5. Menurunkan tekanan darah

Kemudian yang terakhir tentang manfaat daun kenikir selanjutnya yaitu menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, daun kenikir mempunyai efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah. 

Oleh sebab itu, daun ini baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tetapi, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengobati hipertensi masih belum diketahui secara pasti, sehingga belum bisa dipastikan manfaatnya sebagai obat untuk hipertensi.

BACA JUGA:Bupati Tilik Desa, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Beri Pelayanan Kesehatan Hewan

Demikian penjelasan tentang 5 manfaat daun kenikir bagi kesehatan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: