Dibalik Keindahannya Ada 5 Misteri Gunung Merbabu, Salah Satunya Diincar Setan Gendong!

Dibalik Keindahannya Ada 5 Misteri Gunung Merbabu, Salah Satunya Diincar Setan Gendong!

misteri gunung merbabu--foto idn timesjateng

DISWAY JATENG - Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Starto yang terletak di Jawa Tengah. Secara administratif, gunung ini membentang di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang.

Gunung tersebut memiliki tempat pertapaan yang terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik, seorang sastrawan Sunda yang mengelilingi tanah Jawa dan Bali. Secara etimologi, nama Merbabu berasal dari kata “Meru” yang berarti gunung dan “Abu”  sehingga secara definitif, Merbabu berarti Gunung Abu.

Gunung Merbabu dikenal juga sebagai gunung 1.000 jalur, yang berada di antara kabupaten Magelang, Boyolali dan Salatiga adalah salah satu gunung dengan rute pendakian paling banyak di pulau Jawa. Pasalnya, hampir setiap wilayah di kaki gunung tersebut terdapat jalur untuk mencapai puncaknya.

Memang yang resmi dan populer hanya ada beberapa jalur saja seperti, jalur pendakian Merbabu via Suwanting, jalur pendakian Merbabu via Selo, jalur pendakian Merbabu via Wekas, dan jalur pendakian Merbabu via Thekelan. Namun, masih ada banyak jalur lain yang juga dapat digunakan untuk mendaki Gunung tersebut hingga mencapai puncaknya. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Gunung Merbabu, Keindahannya Bikin Jatuh Hati

Akan tetapi, umumnya jalur pendakian ini digunakan penduduk untuk memperbaiki saluran pipa air, mencari buah mandingan gunung, atau untuk aktivitas penduduk lokal lainnya. Beberapa jalur yang dimaksud misalnya adalah jalur pendakian Merbabu via Grenden, pendakian via Sobleman, pendakian via Selo Gancik, pendakian via Cunthel, dan masih banyak lagi yang lainnya

Ada beberapa mitos yeng beredar di Gunung tersebut yang masih diyakini oleh masyarakat setempat sampai sekarang.

Berikut Mitos dan Misteri Gunung Merbabu :

1. Kerajaan Puncak Gunung

Kerajaan puncak gunung ini adalah kerajaan ghaib yang paling banyak dipercayai masyarakat. Konon, ketika Dinasti Mataram berkuasa, Gunung ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan, tepatnya di Puncak Kenteng Songo. Bersamaan dengan itu, kerajaan gaib juga ada di tempat tersebut. Kerajaan gaib itu memiliki sarana dan prasarana seperti alun-alun, pintu gerbang, jalan, pasar dan lainnya. Alun-alun kerajaan gaib Gunung tersebut konon terdapat di Pos IV Lempong Sampan. Lalu ada dua pasukan yang masing-masing berseragam merah dan hijau.

Mitosnya, siapapun yang menyerupai warna seragam pasukan merah akan diusir, sebaliknya akan dterima oleh pasukan warna hijau. Karenanya, pendaki disarankan tidak memakai pakaian warna merah atau hijau saat mendaki Gunung ini karena untuk menghindari sesuaitu yang tidak diinginkan.

2. Setan Minta Gendong

Konon di Pasar Setan yang dikenal dengan Pasar Dieng Gunung tersebut sering ada setan yang minta gendong kepada pendaki. Mahkluk halus tersebut akan duduk di atas pendaki dan tanpa disadari pendaki mengarahkan mereka ke puncak gunung. Biasanya setan minta gendong memilih pendaki yang suka mengeluh dan muncul dengan mengeluarkan aroma wewangian yang menyengat.

3. Macan Merbabu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: