Catat! Pengurus Karang Taruna 4 Desa Terima Bantuan Hibah Dinsos Kabupaten Tegal

Catat! Pengurus Karang Taruna 4 Desa Terima  Bantuan Hibah Dinsos Kabupaten Tegal

Bantuan hidab dimanfaatkan pengurus karang taruna untuk budidaya lele-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial merealisasi bantuan hibah untuk kegiatan Karang Taruna  ditahun 2023 ini. Dimana bantuan hibah tahun ini dikucurkan untuk pengurus karang taruna di empat desa masing-masing, Desa Gumalar Kecamatan Adiwerna, Kedungsugih Kecamatan Pagerbarang, Kaligayam Kecamatan Talang, dan  Desa Kalisapu Kecamatan Slawi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Iwan Kurniawan melalui Sub koordinasio potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS), Bambang Nurohman menyatakan, bantuan dana hibah untuk mendukung kegiatan karang taruan, besarannya bervariasi dari Rp 25 juta hingga Rp 100 juta.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Perkuat Capaian Peningkatan Mutu Sekolah Penggerak

"Untuk kegiatan karang taruna Desa Gumalar diwujudkan dalam bentuk green houuse budidaya ikan nila. Sementara untuk karangtaruna Desa Kalisapu berbentuk budidaya ikan lele sama dengan yang dilakukan karang taruna  Desa Kaligayam," ujarnya Kamis 9 November 2023.

Sementara dukungan anggaran untuk kegiatan karang taruna  Desa Kedungsugih Pagerbarang, diwujudkan perbaikan lapangan sepakbola berikut pengadaan kaos tim kesebelasan desa tersebut.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Sosialisasikan Penerbitan Izin PUB

"Bantuan hibah untuk karang taruna dari dana APBD II dikucurkan, berdasarkan ajuan dari masing-masing pengurus karang taruna. Sampai saat ini jumlah karang taruna yang aktif di Kabupaten Tegal kurang lebih ada 50, yang terdiri dari karang taruna kecamatan dan karang taruna desa, dan ditambah 1 karang taruna Kabupaten Tegal," cetusnya.

Pihaknya berharap  karang taruna harus mampu mempelopori pembangunan di desa, sehingga bisa dijadikan barometer masyarakat.

"Tidak ada alasan untuk tidak berkarya, mengingat  pemerintah desa telah mengalokasikan APBDes-nya untuk mendukung operasional karang taruna.,” ungkapnya.

BACA JUGA:Disperintransnaker Dongkrak Layanan Laboratorium Perindustrian

Menurutnya  karang taruna bukan  hanya agen perubahan, tapi juga agen perbaikan menuju ke arah yang lebih baik.

"Tanggap pada kemajuan teknologi informasi sudah harus menjadi bagian dari budaya kerja karang taruna”, tegasnya.

Ditegaskan bahwa salah satu kunci sukses penggunaan APBDes sangat dipengaruhi oleh eksistensi dan peran pemuda karang taruna dalam membantu jalannya roda pemerintahan dan pembangunan desa.

BACA JUGA:Mantap! Tahun 2023, Dinsos Kabupaten Tegal Gelontoran Bantuan Asistensi Sosial Rp 1.590.104.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: