Daftar Deretan HP Nokia Terbaru 2023 Versi Android, Cek Harga dan Spesifikasi

Daftar Deretan HP Nokia Terbaru 2023 Versi Android, Cek Harga dan Spesifikasi

smartphone Nokia terbaru--foto harian haluan

DISWAY JATENG - Sekilas Tentang Nokia, dilansir laman Four Week MBA, merek Nokia saat ini dikendalikan dan dimiliki oleh HMD Global, sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia yang merilis jajaran smartphone-nya pada tahun 2017 lalu.

Perusahaan tersebut saat ini masih memproduksi perangkat dalam peluncuran jaringan nirkabel 5G. Nokia sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi, teknologi konsumen, dan teknologi informasi dari Finlandia yang didirikan pada tahun 1865.

Merek ini sempat menjadi merek HP terkenal pada masanya. Nokia menikmati 51% pangsa pasar global untuk HP pada tahun 1998. Namun, seiring berjalannya waktu kepopuleran Nokia redup dan kalah bersaing dengan sistem operasi dan pangsa pasar. Walau begitu, perusahaan Nokia tetap memproduksi ponsel yang masih dijual di pasaran hingga saat ini.

HMD Global, pemegang lisensi merek HP Nokia, telah meluncurkan lima HP baru selama Maret--Juni 2023. Kelima HP itu terdiri dari 3 HP C series, 1 HP XR series, dan 1 HP G series.

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Android Murah Berkualitas Dibawah 1 Juta Terbaru 2023

Berikut Daftar HP Nokia Terbaru :

1. Nokia XR21

Nokia XR21 meluncur Mei 2023 sebagai HP dengan bodi kokoh dan tahan banting. HP ini bersertifikasi IP68, IP69K, dan MIL-STD-810H sehingga membuatnya kedap air dan debu, tahan guncangan, serta tetap aman meski jatuh dari ketinggian tertentu. Harganya tergolong tidak murah, yaitu 499 pound sterling atau sekitar Rp.9,4 juta untuk satu-satunya varian 6/128GB.

Meski begitu, Nokia XR21 tetap menawarkan konektivitas 5G berkat penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 695. Layarnya sudah pasti tahan terhadap benturan maupun goresan karena dilindungi Gorilla Glass Victus. Beberapa spesifikasi utama lainnya adalah layar 6,49 inci beresolusi Full HD+, kamera belakang ganda (utama 64MP + ultrawide 8MP), kamera depan 16MP, pemindai sidik jari di tombol daya, serta baterai 5000mAh dengan pengisian cepat 33W. Midnight black dan pine green adalah dua pilihan warna yang tersedia untuk Nokia XR21.

2. Nokia G42

Nokia G42 yang meluncur pada akhir Juni 2023. Berkat prosesor Qualcomm Snapdragon 480+, HP ini memungkinkan kalian menikmati koneksi internet cepat dengan jaringan 5G. Nokia G42 ditenagai baterai 5000mAh sehingga kalian bisa menikmati hiburan dalam waktu yang lama.

Menariknya, HMD Global bekerja sama dengan iFixit agar dapat mengganti beberapa komponen Nokia G42 secara mandiri, seperti layar, baterai, soket USB Type C, dan casing. Di sektor fotografi, Nokia G42 dibekali 3 kamera belakang (utama 50MP + depth 2MP + makro 2MP) dan 1 kamera swafoto 8MP. Beberapa spesifikasi utama lainnya adalah layar 6,56 inci beresolusi 720 x 1612 piksel (HD+) yang dilindungi Gorilla Glass 3, memori internal 128GB (dukungan kartu microSD hingga 1TB), pengisian cepat 20W, pemindai sidik jari di tombol daya, dan sertifikasi IP52.

Terkait warna, kalian dapat memilih antara so purple dan so grey. Nokia G42 kabarnya tersedia dalam dua varian RAM, yaitu 4GB dan 6GB. Namun, saat ini, hanya harga varian 6GB yang diumumkan, yaitu 199 pound sterling atau sekitar Rp.3,7 jutaan.

Nokia C12 Pro tentunya berani tampil berbeda dari HP modern saat ini karena memiliki baterai smartphone yang dapat dilepas pasang. Lalu, khusus kalian yang hobi berpetualang, jangan khawatir bila membawa Nokia XR21 ke mana pun karena HP ini tetap aman meski jatuh dari ketinggian tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: