Penanganan Teras KPT Brebes Amblas Masih Pemeliharaan, Kontraktor Harus Tanggung Jawab

Penanganan Teras KPT Brebes Amblas Masih Pemeliharaan, Kontraktor Harus Tanggung Jawab

Kontraktor pelaksana pembangunan Gedung KPT bersama tim teknis dan DPU meninjau amblasnya tembok teras KPT.--Harian Pagi Radar Tegal

DISWAY JATENG - Merespon amblasnya teras gedung Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Kabupaten Brebes, direspon serius pemerintah setempat. Sebab, sejak ditempati September 2023 hingga kini masih dalam pemeliharaan kontraktor pelaksana.

 

Yakni, PT Istaka Karya Persero dan PT Chimarder 777. Bahkan, dengan amblasnya teras sekitar 10 sentimeter ditarget selesai dalam dua pekan mendatang.

 

Perwakilan kontrakror pelaksana PT Istaka Karya PT (persero) dan PT Chimarder 777 (KSO), Roni Winarto mengungkapkan, berdasarkan tinjauan lapangan kerusakan bangunan teras KPT dipastikan tak berpengaruh pada bangunan utama.

 

Sebab, gedung KPT enam lantai tersebut tidak rusak karena kokohnya tiang pancang yang tertanam. Sedangkan, struktur dan jenis tanah yang memang lempung memicu terjadinya penurunan tanah yang sangat masif.

 

BACA JUGA:Sidak Proyek di SMP Negeri 1 Kramat, Komisi IV Menemukan Kejanggalan

 

"Yang perlu digarisbawahi, karena masih masa pemeliharaan. Sepenuhnya, penanganan perbaikan teras KPT amblas menjadi tanggung jawab kami tanpa biaya dari Pemkab," terangnya saat meninjau perbaikan teras KPT, Jum'at (3/11) lalu.

 

Perbaikan teras gedung KPT, lanjut Roni, melibatkan tim teknis. Yakni, tim pelaksana dan pengawas manajemen konstruksi maupun tenaga ahli dari perguruan tinggi Unnes dan Untidar.

 

Rencananya, penanganan kerusakan diperkuat dengan beton bertulang tepat pada bagian bawah kontruksi drop off. Termasuk, adanya penambahan dinding yang akan menunjang dari area drop off.

 

"Tujuan utama perbaikan ini, untuk pemerataan beban bagian teras. Sehingga, jika terjadi penurunan juga merata dan tidak terjadi keretakan," jelasnya.

 

Roni menjabarkan, teknis perbaikan teras yang menjadi area drop off menuju gedung utama KPT. Akan ada penambahan kontruksi, berupa tie beam dengan balok beton berukuran 50×40 sepanjang 15 meter.

 

Kemudian, ditambah enam pilar tiang setinggi 3 meter serta penebalan tembok sekitar 15 cm dengan mengikuti panjang balok beton. Termasuk, pemotongan pola retak menggunakan plat baja pada bagian tangga menuju pintu masuk KPT untuk memperkuat.

 

BACA JUGA:Rekanan Proyek City Walk Dituntut 3 Tahun Penjara

 

"Sebenarnya, penurunan muka tanah sudah diantisipasi sejak dulu. Tapi, karena cuaca ekstrim yang terjadi melebihi perkiraan kami," ujarnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Brebes Dani Asmoro meminta kontraktor pelaksana melakukan perbaikan secepat mungkin tapi dengan hasil yang maksimal.

 

Bahkan, hasil rakor dengan kontraktor pelaksana target perbaikan selesai tuntas dalam dua pekan.

 

"Tujuan target pengerjaan dalam dua pekan selesai, agar tidak menganggu aktifitas perkantoran KPT. Terlebih, perbaikan hanya bagian drop off sehingga harapannya selesai tepat waktu," pungkasnya. (syf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: