PNS Pensiun, Bupati Tegal Berikan Strategi Bisnis

PNS Pensiun, Bupati Tegal Berikan Strategi Bisnis

Bupati Tegal Umi Azizah saat menyerahkan SK Pensiun kepada PNS yang purna tugas, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.-Yeri Noveli-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Bupati Tegal Umi Azizah menyarankan kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki masa purna tugas atau pensiun agar tetap produktif.

Artinya, sebagai pensiunan, bukan berarti sudah tidak lagi produktif. Akan tetapi, masih bisa melakukan kegiatan lain yang bermanfaat bagi kehidupan, bagi keluarga maupun lingkungan sosial.

BACA JUGA:Raperda Tentang RAPBD Kabupaten Tegal 2024, Fraksi Gerindra DPRD Singgung 3 Poin

Terlebih jika kegiatan itu bisa menghasilkan uang, tentunya akan menyenangkan. 

"Jadi pensiunan harus tetap produktif, syukur-syukur bisa berbisnis," kata Bupati Umi, saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan SK Pensiun PNS TMT 1 Januari sampai 1 Februari 2024, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.

Menurut Bupati, memulai bisnis baru di masa purna, ini hal yang lazim. Bukan sekedar untuk mencari tambahan penghasilan, karena sebagai pensiunan PNS, tentu masih punya penghasilan tetap.

Namun, bisnis ini lebih kepada aktualisasi sosial, mengasah daya kreatifitas dan menjaga ritme motorik setelah puluhan tahun bekerja. Tentu ini kurang baik ketika rutinitas itu mendadak berhenti.

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Keluhkan Banyaknya Tanah Milik Pemkab Tegal yang Dikuasai Warga

"Karena itulah, sebaiknya mulai berbisnis setelah pensiun. Supaya tubuh tetap produktif," kata Bupati Umi.

Bupati menuturkan, ada pensiunan PNS yang bisnis dengan cara memanfaatkan kendaraan pribadinya untuk taksi daring.


--

Ada pula yang bertani, beternak kecil-kecilan dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah untuk kemudian dijual hasilnya. Ada juga yang memanfaatkan rumahnya untuk homestay. 

"Dan masih banyak alternatif lainnya yang dipilih pensiunan pendahulu kita untuk mengisi waktu luangnya," kata Umi.

Menurutnya, ketika enggan berbisnis, pensiunan masih punya banyak pilihan untuk mengisi dan menikmati hari-harinya agar lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: