Daftar Deretan Oleh-oleh Khas Jogja yang Populer, dari Kuliner hingga Non Kuliner!

Daftar Deretan Oleh-oleh Khas Jogja yang Populer, dari Kuliner hingga Non Kuliner!

oleh-oleh khas jogja--foto blogmariberkarya

DISWAY JATENG - Yogyakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan kekentalan budayanya. 

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung. Jogja juga dikenal memiliki segudang kuliner yang kaya akan cita rasa. Kota bersejarah ini menyajikan makanan yang enak dan murah.

Saat berkunjung ke Jogja, belum lengkap rasanya jika kalian belum berbelanja makanan yang enak yang akan kalian dibawa pulang sebagai oleh-oleh Khas Jogja.

Berikut Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Kalian Bawa Pulang : 

1. Tas Rotan

Jogja tidak hanya dikenal dengan makanan yang rata-rata manis, tapi Jogja juga dikenal dengan kreativitasnya. Salah satu hasil pengrajin lokal disana adalah Tas Rotan.

Walaupun sebenarnya sudah banyak Tas Rotan juga diberbagai daerah. Tetapi Tas Rotan Jogja juga punya keunikan tersendiri yaitu pada bagian dalamnya dilapisi kain batik. Karena bentuknya yang cantik dengan banyak variasi warna, Tas Rotan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh. 

BACA JUGA:Rekomendasi Cafe Jogja ala Bali, Tempatnya Instagramable Banget!

2. Batik Jogja

Karena Jogja dikenal dengan budayanya yang kental, maka tidak heran jika disini juga banyak sekali batik khas Jogja. Batik Jogja tersedia dalam berbagai macam corak dan juga berbagai macam warna. Batik ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, bisa juga dijadikan sebagai souvenir baju. 

3. Kripik Belut

Bagi para penikmat cita rasa yang renyah dan asin, kalian wajib mencoba membawa oleh-oleh khas Jogja yang satu ini. Kripik Belut banyak dijual didaerah Godean, Yogyakarta. Rasanya yang renyah, asin, dan gurih, lebih nikmat jika sambil memakan dengan nasi atau yang berkuah. Dan kalian tidak perlu khawatir akan aromanya, karena sudah dimasak sedemikian rupa dan tidak akan menimbulkan bau. 

4. Wayang Kulit

Selain cukup populer menjadi destinasi wisata, Kalian juga bisa memboyong oleh-oleh wayang kulit ini di Jogja. Bisa Anda jadikan Wayang Kulit ini sebagai oleh-oleh dengan produk yang antik, otentik dan menarik. Karena Wayang Kulit memiliki nilai yang tidak terhingga bagi masyarakat Jogja, terlihat saat ada pagelaran atau pertunjukan. Kalian bisa menemukan souvenir Wayang Kulit ini dipusat oleh-oleh Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: