Deretan Makanan Khas Bandung yang Populer, Bakal Kangen dan Bikin Nagih!

Deretan Makanan Khas Bandung yang Populer, Bakal Kangen dan Bikin Nagih!

makanan khas bandung--foto cove blog

DISWAY JATENG - Bandung memang surganya kuliner, tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang tersebar diseluruh sudut kota. Ada berbagai macam makanan khas Bandung yang enak, yang dijuluki sebagai Paris Van Java.

Wisata Kuliner merupakan salah satu tujuan para wisatawan dari luar kota ketika mengunjungi Bandung. Berbagai macam makanan khas Bandung dikenal enak-enak, variatif, dan pastinya bikin nagih, sejak dulu Bandung memang jadi tempat favorit para traveller pecinta kuliner. Dengan cita rasa makanan khas Bandung dengan ciri khas yang beragam sering kali dicari oleh para wisatawan. 

Berikut Deretan Makanan Khas Bandung yang Patut Dicoba :

1. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari campuran oncom dengan buah leunca. Biasanya dijadikan buat makanan sehari-hari, Ulukutek Leunca ini mempunyai cita rasa yang beragam, yakni gurih, renyah, serta sedikit pahit dan pedas yang menyatu saat disantap. 

Kerap kali jadi menu harian, tentu saja Ulukutek Leunca paling pas disajikan dengan nasi dan oncom. Uniknya, kandungan gizi didalam menu ini cukup lengkap, terdapat vitamin, karbohidrat, dan senyawa lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA:15 Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Beras Merah hingga Aloe Vera

Daftar Tempat Makan Ulukutek Leunca di Bandung :

  • Warung Bu Imas, lokasi di Jl.Balonggede No.38, Balonggede, Regol, Kota Bandung
  • RM Alas Daun, lokasi di Jl.Citarum No.34, Cihapit, Kec.Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Raja Sunda, lokasi di Dr.Djunjunan No.63, Pajajaran, Kec.Cicendo, Kota Bandung.

2. Seblak 

Seblak adalah makanan terpopuler dari Kota Kembang, Bandung yang digemari hampir ke seluruh masyarakat karena rasa yang pedas dan gurih. Seblak merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari kata segak dan nyegak yang berarti menyengat, dengan aroma seblak yang cukup menyengat karena menggunakan kencur sebagai bahan utama bumbunya. 

Bahan utama dari seblak ialah kerupuk basah yang dimasak bersama bumbu cabai, bawang putih, dan kencur yang dicampur dengan sedikit air. Namun seiring berjalannya waktu sudah banyak banget variasi seblak yang dapat kalian temukan, bahkan ada yang dikreasikan sendiri. Yang saat ini seblak mempunyai topping kerupuk, telur, mie, bakso, sosis, sayuran, ceker, tulang, hingga tetelan. Seblak ini menjadi salah satu makanan khas Bandung yang wajib dicoba. 

Daftar Tempat Makan Seblak di Bandung :

  • Seblak Abdul, lokasi di Jl.Bpak Husen (Seberang RS Advent), Cihampelas, Bandung
  • Seblak Bunda, lokasi di Jl.H.Kurdi II No.4, Krasak, Kec.Astanaanyar, Kota Bandung
  • Seblak Sultan lokasi di Jl.Sultan Agung No.10, Citarum, Kec.Bandung Wetan, Kota Bandung.

3. Batagor

Batagor alias Baso Tahu Goreng yang merupakan salah satu gorengan khas Bandung yang kerap jadi incaran. Seperti namanya, Batagor mempunyai bahan utama yaitu bakso dan tahu. Keduanya dicampur menjadi adonan halus kemudian dimasukkan kedalam kulit pangsit lalu digoreng hingga garing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: