Ini Mitos Gunung Slamet dan Ramalan Jayabaya, Bikin Merinding!

Ini Mitos Gunung Slamet dan Ramalan Jayabaya, Bikin Merinding!

mitos gunung slamet tentang ramalan jayabaya--

DISWAY JATENG - Mitos Gunung Slamet dan ramalan Jayabaya sudah melegenda cerita masyarakat sekitar. Konon dikatakan apabila Gunung Slamet meletus, Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua.

Raja Kediri yaitu Jayabaya meramalkan mitos Gunung Slamet yang kemungkinan terjadi. Dikatakan, ada sebuah Aktivitas Vulkanis dari Gunung Slamet yang berada di lima kabupaten yaitu Tegal, Purbalingga, Brebes dan Banyumas.

Mitos Gunung Slamet ini sudah diyakini oleh masyarakat sekitar yang berada di lereng gunung. Mempunyai ketinggian 3.248 meter yang berada di tengah pantai utara dan selatan Jawa.

Tak hanya itu, mitos Gunung Slamet yang dipercaya oleh masyarakat sekitar yaitu letusan yang menciptakan parit. Ralaman ini mengatakan Pulau Jawa akan menciptakan parit yang menyatukan pantai utara dan selatan Jawa.

BACA JUGA:3 Tempat Angker Puncak Gunung Slamet Yang Menyimpan Penuh Mistis dan Mitos Dengan Sejuta Misteri

Cerita mitos Gunung Slamet diatas dipercaya oleh warga sekitar dan mengaitkannya dengan ramalan Jayabaya. Walaupun mitos tersebut belum bisa dibuktikan dengan jelas tentang kebenarannya.

Selain itu, nama Gunung Slamet mempunyai arti "selamat". Nama ini diberikan karena dipercaya gunung ini tidak akan meletus besar dan aman bagi warga sekitar.

Mitos Gunung Slamet yang beredar masih menjadi tanda tanya bagi yang mepercayainya. Tak hanya itu, Gunung Slamet juga sering beberapa kali aktif dan membuat fenomena yang menarik.

Gunung Slamet berbentuk subduksi Lempeng Indo-Australia pada Lempeng Eurasia selatan Pulau Jawa, sama seperti gunung di Pulau Jawa Lainnya. Terdapat sebuah retakan pada lempeng yang membuka jalur lava ke permukaan.

BACA JUGA:Hii Serem, 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci Adanya Makhluk Kerdil Yang Suka Berkeliaran

Menurut data letusan gunung ini, mempunyai catatan letusan sejak abad 19. Karena itu, gunung ini menjadi aktif dan sering mengalami erupsi kecil.

Aktivitasi gunung ini terkahir pada Mei 2009 hingga Juni masih mengeluarkan lava pijar. Pernah meletus pada 1999.

Kisah Mistis Gunung Slamet

Menjadi salah satu gunung yang dipercayai sebagai ramalan Jayabaya. Tak hanya menjadi ramalan Jayabaya saja, mitos gunung slamet juga menjadi sorotan para pendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: