Perbedaan Sepeda Listrik dan Sepeda Motor Listrik, Cek Spesifikasi dan Jenis Sepeda Listrik!

Perbedaan Sepeda Listrik dan Sepeda Motor Listrik, Cek Spesifikasi dan Jenis Sepeda Listrik!

sepeda listrik terbaru--foto tribun madura

DISWAY JATENG - Sepeda Listrik atau dikenal juga dengan e-bike atau powerbike adalah sepeda yang mempunyai motor listrik sebagai alat bantu geraknya.

Perbedaan sepeda listrik dengan sepeda motor listrik adalah sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya, yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik tersebut, sedangkan sepeda motor listrik adalah hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. 

Sepeda listrik menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaga motor listrik. Motor listrik membantu untuk mengurangi kelelahan dalam bersepeda, membuat sepeda ini banyak digemari oleh semua orang. 

Sepeda listrik lebih ringan ketika melaju dengan kecepatan 25 hingga 32 km/h (16 hingga 20 mph). Sedangkan varietas yang lebih bertenaga sering kali dapat melaju lebih dari 45 km/h (28 mph). Di beberapa pasar seperti jerman, sepeda listrik mendapatkan popularitas dan mengambil beberapa pangsa pasar dari sepeda kovensional. Sementara di Tiongkok sepeda listrik mengganti moped bertenga bahan bakar fosil dan sepeda motor kecil. 

Banyak sepeda listrik secara hukum diklasifikasikan sebagai sepeda alih-alih moped atau sepeda motor. Ini membebaskannya dari undang-undang yang lebih ketat terkait sertifikasi dan pengoperasian kendaraan roda dua yang lebih kuat yang sering digolongkan sebagai sepeda motor listrik.

BACA JUGA:Sepeda Listrik Dilarang Beroperasi di Jalan Raya, Sat Lantas Polres Tegal Kota Bakal Lakukan Teguran

Jenis-jenis Sepeda Listrik :

1. Pedelec

Jenis sepeda listrik pedelec (pedal electrik cycle) dikenal juga sebagai pedal assist. Pemakaian pedelec mirip dengan sepeda konvensional, bisa dikayuh dengan pedal, tetapi dengan adanya motor akan memberikan bantuan tenaga untuk mendorong sepeda. Membuat berat dan beban mengayuh pedal sepeda akan berkurang karena adanya bantuan motor. 

Motor pada pedelec dibatasi hanya bisa menggerakkan sepeda sampai kecepatan 25 km/jam, dan tenaga motor sampai 250 Watt. S-pedelec (speed pedelec) adalah jenis sepeda yang mirip dengan pedelec, tetapi kekuatan motor lebih dari 250 Watt, dan kecepatan motor tidak dibatasi pada 25 km/jam. Karena itu, beberapa tenaga tidak mengkategorikannya sebagai sepeda, tetapi sebagai moped atau sepeda motor. 

2. Throttle

Jenis sepeda listrik throttle kadang disebut juga sebagai sepeda listrik power-on demand. Mirip dengan sepeda motor, sepeda listrik ini memiliki throttle distang untuk mengaktifkan motor listriknya. Semakin jauh atau dalam throttle diputar, maka sepeda akan semakin cepat melaju.

Dengan adanya throttle sepeda listrik jenis ini bisa menggunakan tenaga dari pedal saja, atau tenaga dari motor listrik saja, serta kombinasi dari pedal dan motor listrik.

Motor Penggerak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: