Dharma Wanita BPBD Kabupaten Tegal Beri Bantuan Air Bersih

Dharma Wanita BPBD Kabupaten Tegal Beri Bantuan Air Bersih

BERBAGI - Pengurus Dharma Wanita BPBD gelontorkan bantuan air bersih bagi masyarakat Desa Pener.Foto: Herrmas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Belum berakhirnya kemarau panjang di hampir sebagian wilayah Kabupaten Tegal. Menggugah empati Dharma Wanita BPBD untuk berbagi air bersih di Desa Pener, Kecamatan Pangkah. Sebanyak 4.000 liter air bersih diserahkan langsung pengurus Dharma Wanita BPBD pada masyarakat di Desa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Ellya Hidayah menyatakan,  dari hasil update data kecamatan dan desa yang terdampak. Mengalami kekeringan atau krisis air dampak Elnino cenderung mengalami penambahan. Dari data yang  diterima,  sasaran layanan distribusi air bersih saat ini merambah 11 kecamatan di 43 desa.  

BACA JUGA:SMP Muga Kota Tegal Peringati Hari Santri Nasional

“Hingga saat ini jumlah air bersih yang sudah terdistribusi kepada penerima manfaat sebanyak 541 tangki atau 2.718.000 liter yang diberikan kepada 58.937 KK atau kepada 212.806 jiwa," ujarnya.

Pendistribusian air bersih untuk Kecamatan Jatinegara sebanyak 999.000 liter. Yang diperuntukan untuk 12 desa, yakni Tamansari, Dukuhbangsa, Wotgalih, Lembahsari, Padasari, Mokaha, Luwihjawa, Jatinegara, Kedungwungu, Penyalahan, Argatawang dan Lebakwangi. 

BACA JUGA:Konversi BBM ke BBG, 1.228 Petani Brebes Bisa Hemat Produksi 65 Persen

"Untuk  Kecamatan Suradadi sebanyak 547.500 liter yang dibagikan untuk Desa Harjasari, Jatimulya, Suradadi, Kertasari, Karangmulya, Gembongdadi dan Purwahamba," cetusnya.

Untuk Kecamatan Warureja sebanyak 207.500 liter untuk Desa Kedungkelor, Kreman, Sukareja, Kendayakan, Kedungjati, dan Sidamulya. Di Kecamatan Kedungbanteng gelontoran air bersih mencapai 310.500 liter yang didistribusikan untuk Desa Karanganyar, Tonggara, Karangmalang dan Semedo. 

BACA JUGA:Disdik Deklarasi Antiperundungan dan Kekerasan pada Anak

“Untuk Kecamatan Balapulang didistribusikan 293.000 liter untuk Desa Harjawinangun, Danawarih, Sesepan, Danareja  dan Batuagung," ungkapnya.  

Kecamatan Pangkah sebanyak 204.000 liter, untuk Desa Pener dan Dermasuci, Kecamatan Lebaksiu 106.500 liter untuk Desa Kajen dan Tegalandong, Kecamatan Kramat 15.000 liter untuk Desa Kertayasa. Untuk Padaharja, serta Kecamatan Pagerbarang sebanyak 20.000 liter khusus untuk Desa Jatiwangi, dan  Kecamtan Margasari sebanyak 5000 liter untuk Desa Wanasari, berikut Kecamatan Dukuhwaru sebanyak 10.000 liter untuk Desa Sindang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: