SMP Muga Kota Tegal Peringati Hari Santri Nasional

SMP Muga Kota Tegal Peringati Hari Santri Nasional

LOMBA - SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan omba.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Muhammadiyah 3 (Muga) Kota TEGAL memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2023 dan bertemakan Jihad Santri Jayakan Negeri. Hari Santri Nasional adalah hari mengingat dan mengenang kaum santri yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Sejarah mencatat, para santri bersama dengan pejuang bangsa lainnya memiliki peran besar dalam merebut kembali kedaulatan negara dari kolonialisme bangsa asing. 

BACA JUGA:Konversi BBM ke BBG, 1.228 Petani Brebes Bisa Hemat Produksi 65 Persen

SMP Muga memperingati Hari Santri Nasional dengan menggunakan baju santri baik untuk siswa, guru, dan karyawan serta mengadakan kegiatan perlombaan yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu mengadakan Lomba Tahfidz dan Lomba Hifdzil Alquran. 

"Kegiatan ini disambut antusias dan semangat yang luar biasa oleh semua siswa SMP Muga untuk mengikuti perlombaan ini," kata Waka Kesiswaan SMP Muga Cuci Mugiana SPd.

BACA JUGA:Disdik Deklarasi Antiperundungan dan Kekerasan pada Anak

Perlombaan dibagi menjadi tiga kelas dengan siswa mengambil undian yang berisi surat-surat juz 30 yang akan diujikan secara lisan. Juri pada perlombaan ini adalah guru SMP Muga.

"Tujuan dari perlombaan ini salah satunya untuk melatih dan menjaga hafalan Alquran, serta menanamkan rasa cinta pada Alquran," ujar Cuci.

BACA JUGA:Pengajian Akbar Hari Santri Hadirkan Kyai Marzuki Mustamar

SMP Muga yang terletak di Jalan Asem Tiga Gang V Nomor 27 B, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal menyelenggarakan Program Unggulan yaitu Tahfidz Quran, Kultum, Salat Duha, Tadarus Bersama, dan Salat Berjamaah. Ada juga Edupreneur, Panahan, Hizbul Watan, Tapak Suci, dan lainnya.

BACA JUGA:Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal Apresiasi Meriahnya Hari Santri di Kecamatan Tarub

SMP Muga didukung fasilitas masjid, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang BK, ruang HW, ruang IPM, dan lapangan basket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: