5 Makanan Khas Batang yang Menggugah Selera, Nomor 2 Bikin Ketagihan!

5 Makanan Khas Batang yang Menggugah Selera, Nomor 2 Bikin Ketagihan!

makanan khas batang--foto makananoleholeh.com

Ciri khas makanan Batang ini adalah kuah kuning dari santan dengan aroma pedasnya. Nama lemprak sendiri berasal dari Bahasa Jawa ngelemprak, yang artinya duduk lesehan tanpa kursi, mengingat lontong ini biasa disajikan dengan cara duduk lesehan. Biasanya lontong lemprak banyak dijumpai di alun-alun Batang.

3. Nasi Megono 

Nasi Megono merupakan sajian makanan khas Batang yang cukup populer dan bisa kalian coba. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, sajian yang satu ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Batang.

Nasi Megono merupakan nasi yang disajikan dengan lauk lengkap dan bermacam-macam. Biasanya lauk yang wajib ada di nasi megono adalah lauk tempe mendoan serta olahan nangka muda yang dipotong keccil-kecil. Saat mencobanya, kalian akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih dan pedas. 

4. Soto Tauto

Soto Tauto menjadi salah satu kuliner di Batang yang sayang untuk dilewatkan. Soto Tauto merupakan soto yang disajikan dengan berbagai isian seperti kol, daun bawang, dan juga soun, kalian akan dimaanjakan dengan cita rasa rempah dan bumbu yang khas. Disertai dengan usus kering juga menjadi pelengkap yang pas untuk dinikmati. 

Kuliner soto tauto dapat dengan mudah kalian jumpai saat datang ke daerah Batang, kalian dapat menikmati lezatnya kuliner yang satu ini dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:Mengenal Kupat Glabed Tegal: Salah Satu Kuliner yang Wajib Kalian Coba

5. Soto Kebo

Jika biasanya soto dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau daging sapi, namun tidak dengan makanan khas Batang yang satu ini. Soto kebo dikenal sebagai salah satu hidangan yang populer dan dapat dengan mudah kalian jumpai saat berkunjung ke Batang.

Sesuai dengan namanya, Soto Kebo dibuat dengan menggunakan bahan utama daging kerbau. Tidak perlu khawatir karena soto kebo menyajikan daging kerbau yang empuk dan lembut saat disantap. Tidak hanya menarik bagi masyarakat lokal, soto kebo juga berhasil menarik perhatian wisatawan dan ingin mencobanya.  

 

Itulah rekomendasi makanan khas Batang yang menarik untuk kalian coba. Dari rekomendasi diatas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera? Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: