5 Gunung yang Masih Aktif di Jawa Tengah, Nomor 1 Berstatus Waspada!

5 Gunung yang Masih Aktif di Jawa Tengah, Nomor 1 Berstatus Waspada!

gunung merbabu gunung yang masih aktif di jawa tengah-tangkapan layar instagram @gunung.merbabu-

DISWAY JATENG- Indonesia berada di area ring of fire (cincin api), hal ini membuat indonesia mempunyai banyak gunung. Total gunung berapi semuanya berkisar 127 dan mayoritas gunung masih berstatus aktif.

Salah satunya di jawa tengah, provinsi ini mempunyai beberapa gunung entah itu masih aktif dan tidak aktif.

Di jawa tengah sendiri memiliki gunung yang sudah lama tertidur dalam rentang waktu yang lama namun seketika terbangun, maka dari itu untuk gunung yang terdeteksi sangat aktif, lalu akan dipantau 24 jam guna untuk melihat tingkat aktivitasnya.

Artikel ini akan membahas gunung berapi yang masih aktif di jawa tengah, yuk simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Status Gunung Slamet Naik Ke Level II (Waspada), Warga di Himbau Menjauh dari Radius 2 Kilometer

5 Gunung berapi masih aktif di jawa tengah :

1. Gunung Slamet

Gunung slamet adalah gunung tertinggi di jawa tengah yang memiliki ketinggian 3428 meter diatas permukaan laut. Gunung slamet merupakan gunung dengan bentuk kerucut., yang dikelilingi dengan wilayah Kabupaten tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten brebes, Kabupaten Pemalang serta Kabupaten Banyumas.

Gunung slamet meletus dari abad ke 19 serta sering mengeluarkan erupsi kecil, selain itu pada bulan mei sampai juni 2009 gunung ini mengeluarkan lava pijar. Pada tahun 2014 gunung slamet terjadi peningkatan status yakni waspada dengan 51 kali embusan asap putih tebal yang keluar dari kawah gunung serta gempa letusan sebanyak 170 kali.

Pada kamis 19 Oktober 2023, pukul 08.00 WIB gunung slamet juga mengalami peningkatan status yakni menjadi waspada dengan gempa tremor harmonik sebanyak 2 kali, gempa vulkanik dalam 12 kali serta 2.096 kali gempa hembusan. 

2. Gunung Sumbing

Gunung sumbing adalah gunung tertinggi kedua setelah gunung slamet, dengan mempunyai ketinggiann 3371 meter diatas permukaan laut. Gunung ini di kelilingi oleh wilayah kabupaten mmagel Wonosobo, kabupaten temanggung serta kabupaten magelang.

Gunung sumbing mengalami terkahir letusan di tahun 1730, dengan mengeluarkan aliran lava ke bibir kawah bagian bawah,.

3. Gunung Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: