P5 SMPN 7 Tegal, Bregas Awake Jembar Pikirane

P5 SMPN 7 Tegal, Bregas Awake Jembar Pikirane

Siswa sedang menunjukan pentas seni saat P5 di Panggung Kreasi SMP Negeri 7 Tegal.--Radar Tegal

DISWAY JATENG - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dikenal dengan istilah P5 sukses digelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Tegal.

 

Kegiatan itu merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar.

 

"Melalui kegiatan tersebut murid dikenalkan dengan beragam tema dan isu yang ada di sekeliling mereka," kata Kepala SMP Negeri 7 Ries Murdiani.

 

BACA JUGA:Cegah Perundungan, Satbinmas Bina Karakter Pelajar Pancasila

 

Tema P5 yang diusung SMP Negeri 7 kali ini adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan judul “Bregas Awake, Jembar Pikirane”.

 

Proyek ini dibuat agar dapat membentuk murid dengan karakter Pancasila dan ketahanan diri yang kuat sesuai dengan keseimbangan olah rasa, olah pikir, olahraga, dan olah karsa yang dicetuskan Ki Hadjar Dewantara. Kegiatan yang dilakukan pada 2 hingga 14 Oktober tersebut mendulang sukses, sebab murid benar-benar dapat mengikuti proses kegiatan dengan baik.

 

Produk dari kegiatan P5 kali ini berupa poster kesehatan mental dan gizi seimbang yang dibuat menggunakan canva for education dan video SKJ dengan musik latar “lagu daerah”.

 

BACA JUGA:SDN 12 Tegal Sosialisasi Cegah Perundungan

 

Murid juga diajak untuk berbagi hasil karya dengan mengunggah poster ke Instagram dan video SKJ di YouTube. Selian itu, murid juga menampilkan SKJ secara live pada Gelar Karya yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober lalu.

 

“Kegiatan P5 ini sangat bermanfaat bagi murid karena dapat membentuk karakter-karakter baik yang merupakan ejawantah dari karakter Profil Pelajar Pancasila,” katanya.

 

Selain itu, mereka juga dituntut untuk menguasai teknologi informasi dalam pembelajaran, musik daerah yang menjadi latar video SKJ juga mengajarkan murid untuk selalu mencintai budaya daerah. (mei)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: