PKU Akbar PNM Cabang Tegal, Komisi VI DPR RI Dukung Penuh Pelatihan PNM ke Nasabah Mekaar

PKU Akbar PNM Cabang Tegal, Komisi VI DPR RI Dukung Penuh Pelatihan PNM ke Nasabah Mekaar

PKU Akbar PNM Cabang Tegal, Komisi VI DPR RI Dukung Penuh Pelatihan PNM ke Nasabah Mekaar-Dok. Ist-jateng.disway.id

TEGAL, DISWAY JATENG - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Tegal terus berkomitmen memberikan pelatihan kepada para nasabahnya untuk meningkatkan kesejahteraan nasabahnya.  Seperti pada acara PKU Akbar PNM Cabang Tegal Nasabah di Brebes pada Kamis 12 Oktober 2023 di Gedung Islamic Center Brebes. Ratusan nasabah Mekaar hadir mengikuti acara itu. 

PNM secara berkelanjutan memberikan pembiayaan sekaligus pendampingan kepada nasabah.

Salah satu bentuk pendampingan adalah pelatihan berbasis skill bewrwirausaha baik dari sisi mentalitas maupun pengetahuan teknis produksi. Dicky Fajrian, Kadiv Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyampaikan bahwa PNM akan memberikan tambahan skill berwirausaha sesuai kebutuhan. 

“Ibu-Ibu, saya tanya menurut Ibu-Ibu apa keahlian yang dibutuhkan Ibu-Ibu kita siap bantu” tegas Dicky.

Dalam kegiatan itu turut hadir anggota Komisi VI DPR RI, Harris Turino Kurniawan. Ia juga memberikan motivasi kepada para nasabah yang hadir.

Dia mendorong agar nasabah terus mengembangkan usahanya dan meminta nasabah PNM secara amanah dalam menyelesaikan pembiayaan dari PNM. 

Harris mengatakan keberadaan PNM sangat berdampak bagi para pelaku UMKM. Pasalnya PNM bukan hanya memberikan pinjaman, melainkan juga pelatihan.

"Kita lihat produknya, seperti bawang goreng tadi ya, ini pasti hasil dari pelatihan teman-teman PNM," ujarnya. 

Menurutnya petani bawang akan terkendala harga yang anjlok ketika masa panen. Jika bawang disimpan tanpa storage, menurut dia bawang akan rusak.

Dengan inovasi diolah menjadi bawang goreng, bawang akan lebih awet. Sehingga tidak harus langsung dijual ketika harga rendah dan tidak harus dijual dalam bentuk bawang mentah. 

"Tetapi dijual dalam produk olahan, ini yang Pak Jokowi sering bilang, hilirisasi pangan. Bawang kecil tidak laku, diolah lebih lanjut jadi cemilan, seperti kacang, enak sekali, bisa juga bawang pasta," kata Harris. 

Harris mengatakan keberadaan PNM bukan hanya memberikan pendanaan bagi nasabah. Melainkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM karena produk turunan itu.

Melalui PNM Harris berharap nasabah semakin sejahtera, meningkat usahanya dan  nantinya naik kelas kemudian jadi pengusaha. 

Jamirah salah satu nasabah Mekaar dengan usaha Olahan Ikan sangat berterima kasih pada PNM Mekaar karena selain modal juga dibantu PNM dalam pengolahan produksi yang tepat guna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: