Kisah Dibalik Keindahan Gunung Slamet, Ada Misteri dan Mitos yang Tersimpan

Kisah Dibalik Keindahan Gunung Slamet, Ada Misteri dan Mitos yang Tersimpan

misteri gunung slamet-foto youtobe-

DISWAY JATENG - Gunung Slamet di Jawa Tengah merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Selain menjadi salah satu tempat terfavorit para pendaki, kini banyak mitos dan misteri Gunung Slamet yang membuat banyak orang penasaran.

Kata Slamet dalam Gunung Slamet kerap diartikan sebagai selamat. Oleh karenanya banyak masyarakat yang percaya jika Gunung Slamet merupakan gunung yang memberikan keselamatan. Bagi sebagian masyakarat Jawa, Gunung Slamet kerap dianggap sebagai salah satu gunung yang dikeramatkan.

Gunung Slamet juga menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah dan yang kedua di Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini berada di empat wilayah kabupaten yakni Purbalingga, Banyumas, Brebes dan Tegal. 

Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter berada diantara pantai utara dan selatan Jawa, sehingga diyakini bahwa jika meletus, Gunung ini akan menciptakan parit yang menyatukan kedua pantai terebut.

Keindahan alam yang ada di Gunung Slamet memang menjadi salah satu daya tariknya. Sayangnya kadang dibalik keindahan ada juga cerita yang membuat gentar para wisatawan / pendaki karena beberapa faktor yang ada disana. Salah satu faktornya adalah berbagai cerita legenda yang cukup membuat bulu kudu merinding. 

BACA JUGA:Keindahan dan Keunikan Gunung Slamet: Eksplorasi Fakta Menarik dan Kekayaan Budaya di Jantung Jawa Tengah

Berikut Misteri Gunung Slamet :

1. Misteri Air Terjun Guci

Air Terjun Guci biasa dijadikan sebagai jalur pendakian menuju Gunung Slamet. Disini ada cerita yang sedikit horor, konon katanya banyak orang yang menjadikan air terjun ini sebagai tempat untuk memperoleh ilmu supranatural. Ada pula yang menjadikannya tempat untuk menjadikan awet muda khususnya bagi para wanita, entah itu benar atau tidak.

2. Misteri Pos Samarantu

Di Gunung Slamet ada pos-pos yang biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan selama masa pendakian, salah satunya ini dipos samarantu. Nama pos yang unik ternyata menyimpan kisah yang cukup menyeramkan. 

Menurut para pendaki pos tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk beristirahat karena disana banyak penunggu dari kalangan jin yang jahil. Itulah mengapa pos dinamakan dengan pos samarantu yang dalam bahasa jawa artinya awas ada hantu.

3. Misteri Surono

Surono adalah salah satu pendaki yang berhasil mendaki di Gunung Slamet sampai ke puncak. Namun dia meninggal dunia. Tidak diketahui penyebabnya, tetepi kematian surono menjadi moment tersendiri, di puncak Gunung Slamet, pendaki akan melihat tugu surono yang dibangun untuk mengenang surono selama pendakian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: