Misteri di Gunung Slamet, Ada Apa Dengan Jalur Bambangan?

Misteri di Gunung Slamet, Ada Apa Dengan Jalur Bambangan?

gunung slamet-tangkapan layar instagram @slametmountain-

DISWAY JATENG- Keindahan gunung slamet mampu membuat daya tarik yang luar biasa, terutama bagi seseorang yang memiliki hobi mendaki serta berpetualang.

Gunung slamet merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berada di Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.432 mdpl serta terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang.

Gunung slamet ialah gunung tertinggi di Jawa Tengah serta gunung tertinggi kedua di pulau Jawa, setelah Semeru.

Seperti gunung lainnya, gunung ini terbentuk karena akibat subduksi lempeng Indo dan Australia pada Lempeng Eurasia di selatan Pulau Jawa. Retakan pada lempeng membuka jalur lava ke permukaan.

BACA JUGA:Hutan di Gunung Slamet Kabupaten Tegal Terbakar, Kenapa?

BACA JUGA:Alhamdulillah, Kebakaran di Hutan Gunung Slamet Kabupaten Tegal Akhirnya Bisa Padam

Selain memiliki keindahan ternyata gunung slamet juga dianggap sebagai gunung yang seram karena terdapat kisah-kisah mistis yang dipercayai oleh masyarakat.

Artikel ini akan membahas tentang misteri yang ada di gunung slamet :

1. Terdapat Pasar Hantu 

Menurut kepercayaan masyarakat, gunung ini terdapat pasar hantu yang terletak di punggung bukit. Tempat ini angin bertiup kencang di malam hari, saat angin melewati punggung bukit.

Suara angin terdengar berisik seperti riuh sehingga dianggap seperti suara ramai dipasar. 

2. Banyaknya makhluk kecil atau sering disebut dengan kerdil dijalur pendakian Guci.

3. Jalur pendakian angker bambangan

Cerita ini dimulai dari kisah seorang pendaki bernama Surono yang meninggal karena terjatuh ke jurang, tugu penghormatan untuk mengenang surono bisa ditemukan di puncak Gunung Slamet.

Di jalur ini terdapat dua pohon besar yang dipercayai sebagai pintu masuk gerbang ke kerajaan makhluk gaib.

4. Pos pendakian samarantu

Menurut beberapa sumber singkatan samarantu yaitu samar dan hantu. Jika diartikan samarantu merupakan hantu yang tersamar atau tidak terlihat jelas.

Pos ini ditandai adanya dua pohon besar yang sejajar seperti pintu, yang dipercaya untuk pintu masuk ke kerajaan gaib.

Menurut pendaki serta warga setempat, tak jarang makhluk ini menunjukan wujudnya yang samar samar. Walaupun tidak sampai membahayakan, namun biasanya pendaki tidak beristirahat di pos ini.

5. Penampakan makhluk halus di pos samarantu

Jika berada atau sebelum beristirahat di pos ini, pendaki diharapkan mengucapkan salam. Hal ini dikarenakan pos samarantu terdapat hal-hal janggal diluar nalar.

Menurut beberapa sumber. Ada yang mengaku bertemu dengan sosok astral menyerupai perempuan, ada yang nyaris tersesat karena berputar-putar di tempat yang sama, ada yang pernah melihat penampakan anak kecil serta mendengar keramaian seperti di sebuah perkampungan.

Hutan di gunung ini terdapat banyak sekali pohon yang berukuran besar, hal ini dikarenakan gunung relatif asli  vegetasi hutan jawa. Kelestariannya masih terjaga dibandingkan dengan gunung lain.

Sampai saat ini, cerita mistis di gunung ini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat. Walaupun cerita-cerita ini belum terbukti secara ilmiah, mereka tetap menjadi bagian kepercayaan serta warisan budaya setempat.

Gunung slamet adalah salah satu destinasi yang memadukan pesona alam yang memukau dengan cerita-cerita horor yang didalamnya.

Itulah informasi mengenai hal-hal mistis yang terdapat di Gunung Slamet.

Semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: